oleh

dr Reisa : Penyintas Covid-19 Harus Pertahankan Gaya Hidup Sehat

JAKARTA, koranmakassarnews.com — Juru Bicara Pemerintah, dr. Reisa Broto Asmoro, menyarankan kepada penyintas Covid-19 yang mengalami gejala kondisi pascacovid agar tetap mempertahankan gaya hidup seperti halnya saat berjuang untuk sembuh. Gaya hidup sehat tersebut antara lain menyantap makanan bergizi seimbang, olahraga rutin, hingga meneruskan kebiasaan berjemur.

Hal tersebut disampaikan oleh dr. Reisa Broto Asmoro dalam keterangan persnya pada Jumat, 27 Agustus 2021, di Kantor Presiden, Jakarta, yang ditayangkan langsung pada kanal YouTube Sekretariat Presiden.

“Tetap makan makanan bergizi seimbang, olahraga rutin yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh, jaga kebersihan lingkungan, sering-sering di ruang yang berventilasi bagus, dan teruskan kebiasaan terkena sinar matahari,” jelas Reisa.

Foto: Lukas – Biro Pers Sekretariat Presiden

Selain itu, Juru Bicara Pemerintah pun memberikan saran bagi penyintas Covid-19 agar tetap melakukan konsultasi rutin dengan dokter. Hal tersebut dapat membantu untuk menentukan tindakan yang tepat apabila gejala long covid tetap bertahan.

“WHO menyarankan bahwa sindrom pascacovid yang bertahan lama akan berdampak serius pada kemampuan orang tersebut untuk kembali produktif,” sambung Reisa.

Untuk diketahui, istilah long covid merupakan dampak jangka panjang yang dialami penyintas Covid-19 sebagaimana diidentifikasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Semua orang yang tertular Covid-19 berpotensi terkena sindrom post covid, tidak bergantung tingkat keberatan atau kritis saat terkena Covid-19.