oleh

FUKIS IAIM Sinjai Memulai Kuliah Perdana

SINJAI, koranmakassarnews.com — Dekan Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam (FUKIS) Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai, Dr. Suriati, M.Sos.I. membuka kegiatan kuliah perdana FUKIS bertempat di Auditorium H. M. Amir Said IAIM Sinjai. Kamis, (09/09/2021) pagi.

Melalui Kuliah perdana dengan mengusung tema “Progresif dalam Menghadapi Problematika Kehidupan di Era 5.0”, menghadirkan Kasubi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas II B Sinjai, Wajidi Hasbi, S.H., M.H. yang dihadiri ratusan mahasiswa FUKIS dari Prodi BPI, IAT dan KPI.

“Kuliah perdana ini adalah tradisi dan budaya di PT, untuk mengawali kuliah perdana sebelum aktif perkuliahan dengan mendatangkan narasumber dari praktisi, ilmuan, birokrasi. Seperti hari ini kita datangkan dari Rutan Sinjai, sebagai salah satu tidanklanjut MoU IAIM Sinjai dan Rutan Kelas II B Sinjai,” tutur Dr. Suriati.

Tidak hanya itu, kata Dekan FUKIS, tema ini dilatarbelakangi oleh problem dan banyaknya fenomena di tengah-tengah masyarakat yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri, sehingga tema ini dikatakannya sudah sesuai dengan problematika binaan yang juga ada di Lapas.

“Dengan itu pemateri bisa memberikan solusi dan binaan kepada mahasiswa IAIM Sinjai. Kita ingin mahasiswa di Tiga Prodi ini sebagai pemberi solusi ditengah-tengah masyarakat, termasuk mahasiswa IAT, untuk terus membumikan Al-Qur’an, Prodi BPI memberikan penyuluhan di masyarakat,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kasubi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas II B Sinjai, Wajidi Hasbi, S.H., M.H. juga menyinggung peran generasi milenial, dikatakannya generasi pelanjut (mahasiswa) perlu mempersiapkan diri dengan memperbaiki karakternya.

“Generasi milenial sangat bergantung pada media sosial, namun mereka belum memiliki filter yang kuat untuk dapat menyaring informasi yang diterima. Karena Kecendrungan pengguna internet yang sering tidak peduli dengan nilai-nilai moral dan etika dalam berkomunikasi ini yang harus diperbaiki untuk menuju progresif itu,” tuturnya.

baca juga : Puluhan Mahasiswa IAIM Sinjai Terima Beasiswa Pada Kuliah Perdana

Dalam kesempatan ini juga, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam (FUKIS) IAIM Sinjai, menyampaikan proses pembelajaran dikelas dengan tatap muka bakal dilakukannya dengan 60% dan selebihnya kuliah secara virtual.

“Saat ini di Fakultas kita memiliki 410 orang mahasiswa, pesan saya untuk mahasiswa baru ada tiga hal yang penting dipegang erat dan bulatkan pada diri kita, yakni perbaiki Nawaitu, kuatkan visi, dan maksimalkan misi, punya prinsip, man Jadda wa Jadda, karena dunia kampus banyak tantangan dan kerikil yang harus kalian lalui,” tegasnya. (*)