oleh

Hasil Pertanian Warga Desa Watangkassang Sudah Dapat Dibawa Ke Pasar

Menurut Komandan Kodim (Dandim) 1422/Maros Letkol Inf Budi Rahman selaku Komandan Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke-112 Kodim 1422/Maros bahwa kehadiran Satgas TMMD di Desa Bontomatinggi dan Bontomanurung, membawa suatu keberkahan buat pemerintah dan warga setempat, terlihat dari respek dari pemerintah setempat dan keantusiasan warga untuk turut berperan dalam menyelesaikan pembangunan di wilayahnya.

Dandim pun mengapresiasi keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan TMMD, menurut Dandim pelaksanaan TMMD di wilayah tersebut menjadi hal yang positif karena merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat dan sebaliknya bagi TNI merasa menjadi satu sisi keberhasilan karena diterima oleh masyarakat dan menjadi suatu bentuk kemanunggalan TNI Rakyat.

“Masyarakat di sini luar biasa sekali. Keterlibatan mereka mungkin ini dilatarbelakangi karena memang program ini sangat ditunggu-tunggu mereka, sejak awal ketika kita datang survei sudah dikerumuni oleh masyarakat, dan mereka bertanya-tanya kapan waktunya akan dijalankan. Alhamdulillah mulai dari awal penentuan lokasi termasuk lokasi sekarang kita tinjau ini, kan ini milik masyarakat semula mereka ikhlaskan, mereka wakafkan untuk mendirikan masjid. Dari mulai pembangunan fisik, masyarakat sangat terlibat. Seperti anda ketahui di sini masyarakatnya dominan wanita dengan orang tua karena laki-laki usia produktifnya banyak yang merantau ke Kalimantan. Tapi bisa dilihat ke belakang, masyarakat hampir setiap hari seperti ini membantu, tidak peduli mereka laki-laki, perempuan maupun anak kecil, tapinya ini suatu hal yang positif bahwa ini merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat dan sebaliknya bagi kami TNI, kami merasa ini menjadi satu sisi keberhasilan karena kami diterima oleh masyarakat, inilah bentuk Manunggalnya TNI dengan masyarakat,”, tutupnya.

baca juga : Bupati Gowa Sebut Program TMMD Bantu Pemerataan Pembangunan di Dataran Tinggi

Bupati Maros H. Andi Syafril Chaidir Syam, S.IP., M.H, mengapresiasi pelaksanaan TMMD yang dilakukan TNI di wilayah Kabupaten Maros sangat dibutuhkan oleh masyarakat guna peningkatan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik.

“Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Maros saya sangat mengapresiasi secara positif digelarnya TMMD ke-112 ini di Kabupaten Maros, ya kami sudah meninjau lokasi tersebut dan memang lokasi itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat, kita kita berharap mudah-mudahan program TMMD yang ke-112 ini terus berlanjut dan terus bergerak untuk masyarakat kita,” jelasnya.

“Dengan terbukanya akses lokasi TMMD ke-112 ini kami sudah meninjau langsung lokasinya sangat terisolir dan setelah dibuka aksesnya insya Allah laporan dan juga dari masyarakat peningkatan kesejahteraan untuk masyarakat kita ini akan terus semakin baik lagi, dulu hasil pertanian dan hasil kebunnya tidak bisa dibawa untuk dipasarkan/hanya untuk kebutuhan sendiri, dengan adanya kegiatan TMMD ini terbuka akses jalan sehingga hasil usaha pertaniannya akan bisa dipasarkan, ini meningkatkan kesejahteraan,” ungkapnya.

“Selain itu pembangunan Masjid yang dibangun di Tompobalang membuat masyarakat di daerah tersebut tidak jauh lagi ke kampung sebelahnya untuk melaksanakan ibadah atau sholat,” tambahnya.