oleh

Indonesia, Duka Silih Berganti Tragedi Udara, Darat dan Laut

Peristiwa Alam Indonesia Perspektif Global

Ini tema menarik menurut penulis, karena alam Indonesia bagian dari alam global, bisakah kajian global dalam telusuri alam Indonesia, pikiranku sebagai penulis tentu menjadi prasangka dalam peristiwa – peristiwa Indonesia, karena ada efek global.

Peristiwa alam sekalipun muncul prasangka penulis terhadap permainan – permainan dunia, sebagaimana terjadi virus covid 19 yang menjadi prasangka negative atas permainan bisnis para konglomerat dan wacana bumi mengurangi kepadatan manusia di muka bumi.

Wacana – wacana kemanusiaan ini menjadi alasan setiap peristiwa alam yang terjadi, Pertama; adakah yang sudah dan mampu menjawab bahwa peristiwa alam Indonesia tanpa ada satu peristiwa alam global. Sebagaimana penulis mencoba menghadirkan peristiwa – peristiwa alam Indonesia juga ikut serta peristiwa – peristiwa alam global, sehingga ada satu titik temu antara alam Indonesia dan alam global.

Bahwa secara tegas alam Indonesia tak sangkut paut dengan alam lain (global), Kedua; benarkah pikiran ini tak bisa di bantahkan, karena penulis melihat para ilmuan Indonesia belum mencoba berada pada ruang – ruang ilmu pengetahuan dan teknologi soal bagaimana menghadirkan dirinya sebagai bagian dari peristiwa yang terjadi.
Ketiga; adakah yang berfikir bahwa peristiwa alam yang terjadi di Indonesia karena ada peristiwa alam secara global, ini yang membuat penulis ingin para ilmuan – ilmuan Indonesia untuk menemukan peristiwa – peristiwa alam Indonesia karena ada alam lain secara global mempengaruhi.

Inti dalam penulisan ini adalah pertanyaan kepada realitas pemikir – pemikir Indonesia hadir menjawab peritiwa alam Indonesia belakangan ini, supaya Negara kita juga kuat dari aspek ilmu pengetahuan dan berihtiar ancaman global yang tak terhingga.

Indonesia, Negara BerTuhan

Terkadang kita mengenal Tuhan saat kita terkena musibah, terkadang tuhan hanya bagian dari simbolisasi kehidupan dan terkadang kita juga lupa atas alam di cipta oleh tuhan, sehingga tuhan sudah mengingatkan kita sebelumnya bahwa alam harus di jaga, secara tegas tuhan mengingatkan kita bahwa “rusaknya bumi, karena tangan – tangan manusia”, ini narasi tegas dan bermakna dalam kehidupan kita.

Alam kita memang wajib di jaga, menjaga sesama, menjaga lingkungan dan menjaga alam Indonesia. Sehingga kita sebagai manusia juga di jaga sama alam, di junjung sama alam dan di tuntun sama alam.

Apalagi Negara kita sebagai Negara yang bertuhan alias manusia Indonesia adalah manusia yang punya keyakinan dan kepercayaan kepada Tuhan yang maha Esa. Hal inilah penulis katakan Indonesia sebagai bangsa yang bertuhan, Negara yang memiliki anutan agama yang kuat, sehingga agama hanya mampu menjawab kepada umat bahwa musibah ini dimanapun berada bahwa agama hadir menjadi teladan dan panutan bagi umatnya.

Akhirnya kita berkesimpulan bahwa peristiwa – peristiwa yang terjadi belakangan ini adalah peristiwa yang patut menjadi evaluasi kita sebagai warga Negara Indonesia, evaluasi mulai dari kita sebagai warga Negara yang baik, menjaga alam dan bersyukur atas nikmat Allah SWT.

Oleh: Muliansyah Abdurrahaman Ways
Penulis adalah: Entrepreneur dan Pegiat Politik Lokal-Demokrasi Indonesia