oleh

Ini Bantahan PDAM Takalar Atas Tuduhan Dugaan Pungli pada Program Hibah Air Minum 2019

TAKALAR, koranmakassarnews.com — Adanya dugaan Pungli terhadap Pemasangan Sambungan Rumah (SR) sebanyak 631 dibantah keras oleh direktur PDAM Takalar. Karena pemberitaan di salah satu media online yang tidak berimbang.

Jamaluddin, SE menjelaskan bahwa uang pembayaran 100 ribu sebagai jaminan pembayaran rekening air selama 2 (dua) bulan dan jelas ada bukti kwitansi tanda terima penerimaan sebagai jaminan pembayaran rekening 2 bulan, ini sudah jelas !!.

“Punglinya dimana, menyikapi dalam berita atas nama pemerimaan sambungan gratis yang dimaksud dalam laporan dugaan pungli, kami team PDAM langsung mendatangi rumah tersebut dan pelanggan mengatakan bahwa tidak pernah melapor atau kenal dengan wartawan media online, malah pelanggan ini sangat bersyukur kepada PDAM Takalar bisa mendapat pemasangan air gratis dari program hibah air minum dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat”, jelas Jamaluddin yang juga ketua MPC Pemuda Pancasila Kab. Takalar saat dikonfirmasi, selasa (3/12/19).

Sementara Kasubag Hubungan Masyarakat PDAM Takalar, Muslimin Basri menambahkan terkait berita dari Takalar Upeks, kami sempat didatangi penyidik dari Tripikor Polres Takalar dan memberikan penjelasan mekanisme Program Hibah Air Minum dan memberikan contoh kwitansi jaminan rekening 2 bulan yang diberikan kepada pelanggan itu sangat jelas tidak ada pungli.

“Kami mengerjakan program sesuai Surat Edaran Direktorat Jendral Cipta Karya No. 12/SE/DC/2017 tentang Pedoman Pengelolaan Hibah Air Minum Dan Sanitasi pada Lampiran G. Kegiatan Baseline Survey Dan Verifikasi No.2. b.1 yang berbunyi : Admistrasi Pelanggan: Sudah tercatat sebagai pelanggan dan sudah dibayarkan Rekening tagihan pelayanan Air Minum untuk 2 (dua) bulan rekening”, tambah Muslimin.

baca juga : Pastikan Pendistribusian Air Lancar, Iqbal Suhaeb Tinjau Instalasi LAPI II IPA 3 Antang

PDAM untuk usulan program Hibah Air Minum 2020 mengaku sudah mendata sebanyak 1.140 KK wilayah Galesong, Sanrobone, Polut, dan Polsel

“Terkait yang diberitakan meresahkan warga, siapa-siapa yang penerima hibah diresahkan, silahkan datang kekantor PDAM Takalar kami siap memberikan penjelasan, untuk jebih jelas tentang program Hibah Air minum Perkotaan silahkan buka website: http://www.prohamsan.com/index.php/download/buku “Pedoman Pengelolaan AMK”, pungkas Muslimin. (*)