oleh

Ini Keunikan 5 Pasar Tradisional di Kota Makassar

3. Pasar Kampung Baru
Pasar yang letaknya sangat strategis ini sekilas terlihat sepi. Padahal posisinya berada diantara obyek wisata Benteng Rotterdam dan deretan toko cendramata Somba Opu.

Namun siapa sangka pasar yang terletak di jalan Pattimura ini memiliki ciri khas Aneka Bumbu racikan makanan tradisional dari sejumlah daerah. Mulai darai coto, rendang, pallu basa, pallu kaloa dan lain-lain.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan bumbu masakan tradisional, sepertinya Anda wajib berkunjung di pasar yang di bawah pengawasan Kepala Unit Pasar Kampung Baru bernama Abdul Rauf.

4. Pasar Bacan
Nah, untuk pasar yang beralamat di jalan Bacan ini keunikannya lain dari yang lain. Dikarenakan pasar yang tergolong pasar darurat ini sudah terkenal cukup lama dan tidak lepas dari sejarah Kota Makassar. Tapi bukan hanya itu. Keunikan di pasar ini karena perpaduan antar etnik dapat ditemui di pasar tersebut. Dimana kaum pribumi berbaur dengan masyarakat keturunan Tionghoa.

Selain itu kita juga dapat menemui jajanan kue tradisional Tionghoa dan penjualan daging babinya yang cukup dikenal.

Penasaran kan dengan keunikan itu? Silahkan berkunjung ke pasar Bacan. Pasar yang di bawah pimpinan Kepala Unit Pasar Bacan, Munir. Lokasinya tak jauh dari Pelabuhan Kota Makassar.

5. Pasar Hobi
Letaknya di jln Toddopuli Raya. Masih dalam radius Pasar Panakkukang. Namanya juga Pasar Hobi. Sudah pasti dagangannya adalah berbagai jenis hobi. Tapi lebih kepada hobi binatang peliharaan yang didominasi oleh jenis burung.

Untuk yang hobi burung, tentu pasar hobi ini sudah tidak asing lagi. Kendati demikian keberadaan pasar hobi ini sudah sering berpindah pindah tempat.

baca juga : Direksi PD Pasar Makassar Gelar Rakor Bersama Kepala Unit, Kabag, dan Bank Sampah

Jadi, jika Anda ingin melihat apa saja koleksi hewan peliharaan para pedagang, silahkan berkunjung ke pasar hobi. Pasar yang dikomandoi oleh kepala unit Pasar Panakkukang, Kamaluddin Kasa ini bersebelahan dengan Eks Terminal Toddopuli.

Itu dia 5 (lima) keunikan dan ciri khas pasar Tradisional di kota Makassar, Prov. Sulsel. Kalau pergi bawa keranjang, jangan lupa singgah di terminal. Kalau mau pergi belanja jangan lupa ke Pasar Tradisional *

Muh. Idris (Humas PD Pasar Makassar Raya)