oleh

Kadinsos Sulsel Sambangi Lokasi Bencana Angin Puting Beliung di Lamasi Luwu

LUWU, koranmakassarnews.com — Kepala Dinas Sosial Provinsi mengunjungi lokasi bencana puting beliung di Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu, didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Luwu dan Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Kabupaten Luwu, pada Jumat (19/2/2021) pagi tadi.

Pasca bencana angin puting beliung yang menghantam Desa Salupao dan Desa Bululondong, Kecamatan Lamasi Timur, Kabupaten Luwu hingga 4 hari ini masih menyisakan duka mendalam bagi para korban.

Kondisi rumah yang rusak parah dengan terpaksa menjadikan para korban masih harus tinggal di beberapa rumah tetangga dan beberapa tenda pengungsian.

Kehadiran Kadinsos Sulsel beserta rombongan memberikan sedikit angin segar bagi para korban. Agenda kunjungan Kadinsos antara lain mengunjungi dapur umum Kementerian Sosial yang dibuka oleh Dinas Sosial Kabupaten Luwu, tujuannya ingin meninjau layanan yang dilakukan oleh personil tagana, pendamping PKH (Pendamping Keluarga Harapan) dan TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan).

Dalam kunjungannya tersebut juga ada beberapa bantuan yang disalurkan seperti sembako dan perlengkapan kebutuhan bayi serta mendata salah satu korban jiwa yang meninggal saat kejadian lalu, pada Selasa 16 Februari 2021 untuk kemudian diupayakan pengadaan dan pemberian santunan bagi keluarganya.

Data yang telah ada dalam waktu dekat akan dikirim ke Kementerian Sosial atas rekomendasi dari Dinas Sosial Provinsi.

Kepala Dinas Sosial Provinsi menyampaikan ungkapan duka yang mendalam bagi para korban yang tertimpa bencana serta memberi motivasi kepada para relawan yang masih ada di lokasi dalam membantu para korban dalam mengevakuasi reruntuhan bangunan dan mendampingi para korban di pengungsian.

baca juga : Dinkes Luwu Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua Bagi Nakes

Adapun agenda selanjutnya yaitu meninjau penyaluran sembako dari 1 agen sembako yang nantinya akan disalurkan ke 142 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) program sembako.

Kehadiran rombongan dari Dinas Provinsi merupakan bagian dari tindak lanjut yang telah dikoordinasikan sebelumnya oleh Dinas Sosial Kabupaten Luwu atas instruksi Bupati Luwu. (*)