oleh

Bantu Operasi SAR Gempa Sulbar, IOF Rescue Sulsel Terima Penghargaan

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Basarnas Sulsel menyerahkan piagam penghargaan kepada puluhan potensi SAR yang terlibat dalam misi kemanusiaan gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar). Salah satunya diterima Tim Rescue Pengurus Daerah Indonesian Off- Road Federation (Pengda-
IOF) Sulsel.

Piagam penghargaan ke Tim Rescue Pengda IOF Sulsel merupakan kali kedua dari Basarnas, setelah sebelumnya dalam misi kemanusiaan banjir bandang di Luwu Utara (Lutra) pada Juli 2020 lalu.

Dua kali misi kemanusiaan Tim Rescue (Bidang V SAR dan PB) dipimpin langsung Ketua Pengda IOF Sulsel, Adi Rasyid Ali. Tim bergerak cepat pasca bencana menyalurkan bantuan serta evakuasi korban bencana, khusus untuk daerah-daerah yang terisolir.

Misi kemanusiaan Pengda IOF Sulsel di gempa bumi di Sulbar, berlangsung selama dua hari. Selain membuka posko bantuan, rombongan yang mengangkut logistik menggunakan kendaraan 4×4 juga menembus Desa Marano, Kelurahan Kalukku, Kabupaten Mamuju yang akses jalannya sempat tertutup longsor.

Ketua Bidang V SAR dan PB Pengda IOF Sulsel, Cahe mengatakan, misi kemanusiaan yang dilakukan pihaknya selama ini memberi kontribusi positif terhadap penanganan korban bencana.

“Untuk gempa Sulbar kami fokus di wilayah yang tidak dapat diakses oleh kendaraan biasa. IOF merupakan wadah dari berbagai club off-road. Jadi sangat membantu proses distribusi logistik ke wilayah terisolir,” kata Cahe, Kamis (18/2/2020).

Sebelumnya, Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi menyampaikan terima kasih kepada seluruh potensi SAR yang terlibat dalam operasi kemanusiaan di gempa bumi Sulbar.

baca juga : IOF Sulsel Peduli Korban Banjir Lutra, Selain Bantu Alat Berat juga Makanan, Pakaian dan Obat-obatan

“Terima kasih sebesar besarnya kepada teman teman potensi SAR yang telah membantu pelaksanaan operasi sar, hingga operasi sar dapat berjalan dengan baik,” kata Djunaidi, usai menyerahkan piagam penghargaan beberapa waktu lalu.

Djunaidi melanjutkan bahwa Makassar memiliki potensi SAR yang sangat luar biasa dan sangat kompak.

“Basarnas Sulsel bersyukur dengan adanya Potensi SAR yang selalu siap membantu saat terjadinya operasi SAR, sekali lagi, terima kasih Potensi SAR, Potensi SAR Makassar memang is the best,” tutup Djunaidi. (*)