oleh

Kasi Lala Syahbandar Parepare : Hewan Ternak Naik Dikapal Penumpang Merupakan Kebijakan

PAREPARE, koranmakassarnews.com — Pasca lebaran Idul Fitri Tahun 2021, pengiriman hewan ternak sudah mulai nampak di Pelabuhan Nusantara Parepare, terlihat pengiriman hewan ternak pertama yang di angkut Kapal KM. Madani Nusantara mencapai ratusan.

Jenis Kapal Roro ini, selain di gunakan untuk angkutan truk, mobil penumpang, sepeda motor dan penumpang jalan kaki, juga mengangkut juga hewan ternak.

KM Madani Angkut Hewan Ternak di Pelabuhan Nusantara Parepare

Menanggapi terkait pengangkutan hewan di kapal penumpang, kepala Seksi (Kasi) Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Lala) Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare, Asrul menyatakan, selama ini kita sudah bermohon di kantor pusat dan kementerian, untuk di tempatkan kapal perintis atau angkutan kapal ternak yang melewati pelabuhan Parepare. Tapi karena keterbatasan Pemerintah dalam hal pengadaan kapal tersebut, jadi kita tidak bisa menghalangi suplai endemen.

baca juga : Di Pelabuhan Parepare, KM Madani Nusantara Lagi Angkut Ratusan Ternak Tujuan Kalimantan

“Ini merupakan kebijakan kepala kantor yang dahulu “Diskresi”, jadi kapal yang memuat hewan ini kebijakan. Namanya kebijakan bisa, dengan syarat – syarat harus di penuhi kapal, seperti hewannya tidak boleh turun dari mobil. Terkiat jumlah hewan yang naik ke kapal belum saya dapat ketahui, karena ada staf yang mengurusi itu. Kami cuma di sini, melanjutkan kebijakan yang sudah ada, “Jelasnya, sabtu (22/5/2021).

Sebelumnya Manager KM. Madani Nusantara Parepare, Abu membenarkan, adanya pemuatan hewan yang di muat kapalnya, perkiraan jumlahnya kalau tidak salah hampir 500 hewan.

“Kami juga sudah sesuai prosedur yang ada, sehingga di izinkan berangkat oleh Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare”, pungkasnya. (Sis)