oleh

Kembali Berinovasi, LPM Penalaran UNM Selanggarakan Seminar Penelitian Anggota dan Peneliti Lembaga

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menggelar Seminar Hasil Penelitian Lembaga dan Seminar Proposal Penelitian Anggota Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruangan Teknol 1B dan Teknol 1C, Jurusan Teknik Informasi dan Komputer, Fakultas Teknik (FT), Universitas Negeri Makassar (UNM), Minggu (30/10).

Pada kegiatan ini terdapat 9 penelitian yang diseminarkan yang terdiri dari 3 seminar hasil Penelitian Lembaga dan 6 seminar proposal Penelitian Anggota. Kesembilan tim tersebut dikelompokkan atas bidang Sosial-Budaya dan bidang Pendidikan-Sains.

Pada kegiatan kali ini, semua penelitian diberikan saran dan masukan yang baik oleh penanggap. Hasil penelitian dengan judul “Formulasi Daun Mangrove (Rhizopora Mucronata) Dan Gel Lidah Buaya (Aloe vera) sebagai Bahan Dasar Pembuatan Hand Wash Paper Soap” yang diketuai oleh Nurfajriani Muin (Jurusan Fisika UNM) mendapatkan apresiasi oleh penanggap karena dinilai menjadi terobosan produk yang inovatif yang sangat bermanfaat bagi semua orang.

“Diharapkan teman-teman di Penalaran dapat menjadikan kegiatan ini sebagai kesempatan untuk belajar dan membuat inovasi baik bagi lembaga maupun kebermanfaatan di masyarakat.” Ujar Sahrul Alam

baca juga : Kukuhkan Dua Guru Besar di Bidang Bahasa, Rektor UNM: Mereka Pakar Hebat Indonesia

Ketua Divisi Penelitian dan Pengembangan menuturkan bahwa Mahasiswa yang mampu melakukan suatu penelitian dan terobosan yang baru merupakan mahasiswa yang ‘elit’.

Ketua Umum LPM Penalaran UNM, Adil Awal, juga mengutarakan harapannya kepada tim peneliti untuk tetap melanjutkan penelitiannya.

“Terlaksananya seminar hasil penelitian lembaga ini saya harapkan tim peneliti bisa memperbaiki atas saran yang diberikan oleh penanggap ahli serta kepada tim peneliti anggota yang hari ini melakukan seminar proposalnya, semoga bisa banyak belajar untuk dapat melanjutkan penelitiannya nanti,” ucapnya. (*)