oleh

Kendalikan Inflasi, Pemprov Sulsel dan Bank Indonesia Gelar High Level Meeting TPID

Dari sisi keterjangkauan harga, upaya mengelola permintaan perlu dioptimalkan melalui pencanangan gerakan bangga buatan indonesia untuk produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) khususnya pangan di Sulawesi Selatan, program digitalisasi UMKM, dan pengembangan akses pasar UMKM pangan.

Selain itu, sebagai upaya stabilisasi harga juga dilakukan pembangunan modern rice milling dan rice to rice plant, optimalisasi penyerapan beras Bulog, fasilitasi distribusi pangan, implementasi model bisnis e-pangan.com dan operasi pasar dan pasar murah pada saat hari besar keagamaan nasional seperti Ramadhan dan Idul Fitri 2021.

Dari sisi kelancaran distribusi, upaya membentuk payung hukum kerjasama antar daerah (KAD) juga terus dilakukan, Selain upaya aktivasi BUMDES dan optimalisasi pasar induk untuk meningkatkan infrastruktur perdagangan.

baca juga : Pemprov Sulsel Terima Penghargaan TPAKD Award 2020

Dalam rangka meningkatkan upaya komunikasi yang efektif, penyampaian informasi mengenai ketersediaan pasokan dilakukan melalui berbagai media baik cetak, elektronik, maupun media sosial, terlebih pada saat memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Upaya terobosan untuk publikasi pola konsumsi dan belanja bijak juga dilakukan melalui kerjasama dengan pemuka agama.

Melalui strategi ini diharapkan ekspektasi dan perilaku konsumsi masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri dapat terkelola dengan baik sehingga turut mendorong inflasi lebih terkendali.

Ke depan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan masih akan terus bersinergi untuk menjaga inflasi di Sulawesi Selatan tetap rendah dan stabil. Upaya tersebut diharapkan dapat semakin mendorong peningkatan daya beli masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional. Inflasi yang rendah dan stabil diharapkan dapat mendukung pemulihan perekonomian serta pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkesinambungan menuju Indonesia Maju. (*)