oleh

Lion Air Group Tetap Menjalankan Rangkaian Proses Perawatan, Pengecekan, Pemeriksaan dan Sterilisasi Seluruh Armada yang Dioperasikan

TANGERANG, koranmakassarnews.com – 16 Juli 2021Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group Lion Air Group memberikan keterangan sesuai  perkembangan terkini, bahwa dalam setiap pengoperasian penerbangan telah memenuhi aspek-aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan (safety first) dan upaya tidak menyebabkan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Di tengah masa pemberlakuan Pemberlakuan Perbatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa Bali serta daerah lainnya, Lion Air Group mendukung program pemerintah dimaksud.

Operasional dan layanan Lion Air Group disesuaikan dengan tren (permintaan) pasar dan akan melayani penerbangan apabila secara skala atau penghitungan ekonomi terpenuhi.

Perawatan dan Sterilisasi Pesawat Lion Air Group

Situasi tersebut, rata-rata 80%-90% pesawat udara Lion Air Group tidak diterbangkan. Kendati demikian, Lion Air Group secara konsisten (terstruktur dan terjadwal) menjalankan semua pemeliharaan, pengecekan pesawat udara menurut program perawatan (approved maintenance program) secara berjadwal (schedule maintenance) dan tidak berjadwal (unscheduled maintenance). Ketika melakukan pengerjaan, petugas telah diberikan pengetahuan mengenai keselamatan dan telah melakukan tes kesehatan.

Upaya tersebut sesuai dengan standar operasional prosedur guna mewujudkan operasional penerbangan, memastikan setiap pesawat kondisi prima, aman dan laik terbang (airworthiness) serta sejalan untuk merencanakan dengan tepat persiapan penerbangan (preparation ready for flight).

Fokus pada fase pengerjaan sebagai berikut:

  1. Pengecekan dan Pemeliharaan Komponen Pesawat

Pemeriksaan dan perawatan kinerja (performa) secara komprehensif dari seluruh komponen pesawat udara, yaitu pada mesin (preservation engine), perangkat tambahan daya (auxiliary power unit), navigasi, perlatan komunikasi, hiburan dalam penerbangan (inflight entertainment), fasilitas pesawat dan lainnya yang terkait.