oleh

LLH Gerakan Bumi Hijau YPIC Gelar Kemah Lingkungan BOSARA 2023

WAJO, koranmakassarnews.com — Kemah Lingkungan BOSARA 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 19 maret 2023 bertempat di Desa Walanga Kab. Wajo merupakan kegiatan Program BOSARA (BOla Sampah sehAt sejahteRA) oleh LLH Gerakan Bumi Hijau Yayasan Panrita Insan Cita yang dibuka oleh Alamsyah selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab Wajo, sabtu (18/03).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 31 peserta yang berasal dari SMA/sederajat yang berasal dari Wajo, Pecinta Alam berasal dari Soppeng dan HIPERMAWA. Kegiatan ini mengusng tema “Generasi Muda Sadar Lingkungan menuju Masyarakat Sehat Sejahtera”.

Dalam sambutannya Andi Bakhtiar selaku Ketua Yayasan Panrita Insan Cita mengatakan bahwa Kegiatan Kemah Lingkungan BOSARA 2023 merupakan Eksistensi program BOSARA yang teris berupaya mengatasi persoalan sampah terutama sampah plastik.

” Kegiatan ini menggambarkan bahwa kita masih eksis terus berjuang bagaimana sampah plastik bisa kita maksimalkan pemanfaataannya”, tutur Andi Bakhtiar

Program BOSARA sendiri dimulai dari tahun 2020, dimana program ini lahir untuk memberikan solusi atas persoalan sampah di Kabupaten Wajo.

BOSARA sendiri memiliki 3 komponen utama yaitu yang pertama KIBS (Kader Indonesia Bersih Sampah) yang bertugas melakukan sosialisasi pilah sampah dari rumah, Kedua adalah BANK SAMPAH BOSARA yang akan membeli sampah plastik yang telah dipilah oleh masyarakat, dam yang ketiga adalah Rumah Produksi BOSARA yang merupakan tempat pengelolaan sampah plastik.

baca juga : Satlantas Polres Bone Gelar Upacara Pembukaan Perkemahan Terpadu PKS

“Penyadaran dimulai dari generasi muda kita, yang kedepan menjadi ujung tombak ke masyarakat dalam memaksimalkan program BOSARA”, Tambahnya …

Kegiatan Kemah Lingkungan BOSARA 2023 diisi oleh materi persoalan sampah dan manajamen pengelolaan bank sampah, Narasumber yang mengisi berasal dari berbagai kalangan diantaranya Andi Gusti Makkarodda selaku pemerhati Wajo dan Jumadin yang merupakan Dosen UNM. (*)