oleh

Menhub Lakukan Inspeksi di Bandara Soetta Pastikan Keselamatan Penerbangan

JAKARTA, koranmakassarnews.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hari ini, Minggu 17 Januari 2021, melakukan inspeksi guna memastikan keselamatan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.

Di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, sekitar pukul 09.00 WIB, Menhub terjun langsung untuk mengecek kesiapan pesawat (ramp check) Batik Air nomor registrasi PK – LBH di sisi udara (air side). Adapun ramp check di dalam operasional sehari-hari dilakukan oleh inspektur yang ditunjuk oleh regulator.

“Hari ini kita melaksanakan ramp check, suatu proses di mana semua pesawat yang akan berjalan dilakukan penelitian terlebih dahulu terhadap fungsi mesin, fungsi pergerakan. Oleh karenanya kami pastikan bahwa pesawat yang akan take off di semua bandara di Indonesia dengan suatu kualifikasi laik,” ujar Menhub.

Keterangan pendukung: Lion Air tipe pesawat Boeing 737-800NG. Foto oleh Daniel Christian Lou

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto menjelaskan di dalam ramp check dilakukan pemeriksaan mendetail guna menjamin kelaikan pesawat untuk beroperasi, termasuk antara lain mencakup pemeriksaan log book catatan pesawat terkait mesin, struktur dan operasional.

Kolaborasi stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta, Menhub menuturkan peran operator bandara juga cukup penting dalam mendukung keselamatan penerbangan khususnya terkait dengan pergerakan pesawat selama di area bandara.