oleh

Menko Marvest Luhut Minta Para Kepala Daerah Mencontoh Gubernur Sulsel

Sediakan Pusat Karantina OTG untuk Tekan Penularan Covid

koranmakassarnews.com — Upaya penanganan Covid-19 di Sulawesi Selatan menjadi percontohan untuk dilakukan provinsi lainnya.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan saat memimpin Rakor Pengendalian Covid secara virtual meminta gubernur lainnya khususnya di 8 provinsi penyumbang angka terbesar kasus penderita Covid-19 di Indonesia, agar mencontoh langkah Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam penaganan Covid-19.

Luhut meminta para gubernur di 8 provinsi itu menyediakan pusat karantina bagi para OTG atau orang tanpa gejala. Sulsel sendiri hadir dengan Program Inovasi Karantina bagi pasien terkonfirmasi positif non gejala sehingga mereka tidak menularkan keluarganya yang lain.

“Saya ingin agar mereka (OTG) dan pasien bergejala ringan] dapat dirawat di pusat karantina supaya tidak berpotensi menularkan kepada keluarga mereka,” ujar Luhut.

“Saya ingin agar mereka (OTG dan pasien bergejala ringan) dapat dirawat di pusat karantina supaya tidak berpotensi menularkan kepada keluarga mereka, kutip Jubir Menko Marves Jodi Mahardi dari permintaan Menko Luhut saat memimpin Rakor Pengendalian Covid secara virtual pada Hari Kamis sore, 17 September 2020.

Adapun lokasi yang diusulkan menjadi pusat-pusat karantina, lanjut Jodi, adalah hotel bintang 2 atau 3.

“Pak Menko minta para gubernur untuk meniru langkah yang telah dilakukan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah” katanya.