oleh

Nur Aina Zulfikar Mahasiswi Prodi BK Unimen Melaunching Aplikasi Cyber Counseling

ENREKANG, koranmakassarnews.com — Mahasiswi Prodi Bimbingan dan Konseling melaunching Aplikasi Cyber Counseling KonselorMU, senin 27 Desember 2021 di Aula Kampus I Universitas Muhammadiyah Enrekang (UNIMEN).

Aplikasi ini secara resmi dilaunching dihadapan Rektor Unimen Dr (Cand) Yunus Busa, M.Si yang disaksikan langsung oleh Dekan FKIP Ilham Assidiq, S.Pd.,M.Pd., Kaprodi Bimbingan dan Konseling Muhammad Junaedi Mahyuddin, S.Pd.,M.Pd, Perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Guru-guru se-Kabupaten Enrekang dan perwakilan Osis se-Kab. Enrekang.

Rektor Unimen sangat mengapresiasi  dan mendukung hal-hal positif terlebih lagi hal ini merupakan hasil karya Mahasiswa Unimen Prodi Bimbingan dan Konseling dan apa yang di launchingkan hari ini adalah hal yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Enrekang.

“Unimen sangat berterima kasih kepada Prodi BK karena hari ini adalah hari yang sangat bersejarah dikarenakan kita menghadiri kegiatan yang sangat positif. Saya berharap kedepan hal seperti ini dapat tertular kepada prodi lainnya untuk dapat berkreasi dalam menghadirkan gagasan-gagasan atau ide yang bermanfaat bagi masyarakat Enrekang’, ungkapnya.

Sementara itu terpisah Kaprodi Bimbingan dan Konseling Muhammad Junaedi Mahyuddin, S.Pd.,M.Pd menambahkan bahwa hari ini adalah sejarah hadirnya Ilmu bimbingan dan konseling di bumi Massenrempulu  yang sangat sesuai dengan tema Membumikan BK “Membaca Budaya-Menatap Era Digital”

“Dan hari ini adalah bukti konkret bahwa Unimen dalam hal ini Prodi Bimbingan dan Konseling menjalankan salah satu visi Fakultas yaitu “Unggul, Islami, Edutech” dan selalu aktif dan bergerak bersama dengan mahasiswa untuk berkarya, karena hari ini juga semua terjadi atas izin Allah SWT yang telah memudahkan, membukakan pintu dan menunjukkan kami langkah untuk berkarya bersama mahasiswa dan ini adalah hasil implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka lewat Prodi Bimbingan dan Konseling UAD Yogyakarta yang telah melaksanakan kegiatan “Training Cyber Counseling Class”, tambahnya.

Ditempay yang sama, Nur Aina yang merupakan penggagas Cyber Counseling “KonselorMU” mengatakan bahwa Aplikasi Cyber Counseling ini adalah Satu-satunya yang ada di Sulawesi dan mungkin di Indonesia Bagian Timur karena hari ini di Indonesia masih sangat minim aplikasi Cyber Counseling ini.

“Hari ini kita sudah masuk di era digital, tentunya cara-cara yang kita hadirkan baiknya sesuai dengan perkembangan zaman. Apatahlagi hari ini masih dalam suasana Covid-19 gerak guru BK dan anak-anak untuk melakukan bimbingan dan seterusnya ada keterbatasan. Dengan munculnya Cyber Counseling ‘KonselorMU” ini, tentu ini akan dapat mempermudah akses layanan itu sendiri,” jelas Nur Aina.

baca juga : Ketua DPC IMDI Menyoal Aplikasi Ajamma DPRD Makassar Berdasarkan NIK

Mahasiwi angkatan 2019 ini, menambahkan dengan Cyber Counseling KonselorMU ini nantinya antara guru BK dan murid atau mahasiswa dengan dosen bisa berkomunikasi melalui satu sistem yaitu aplikasi KonselorMU. Jadi nanti semua permasalahan akan terecord di aplikasi tersebut.  Untuk sistem aplikasi ini berbasis Website, jadi segala pencatatan aktivitas dilakukan di aplikasi tersebut.

‘Insya Allah dalam 3 bulan ke depan kami akan mengadakan road show untuk mensiarkan atau mendekatkan aplikasi ini kepada seluruh siswa SMP dan SMA, SMK yang ada di Kabupaten Enrekang”, pungkasnya. (ZF)