oleh

Pasca Banjir, Damkar Parepare Bantu Suplai Air Bersih ke Warga

PAREPARE, koranmakassarnews.com — Dampak banjir yang melanda Kota Parepare pada hari jumat (18/11) lalu, di sejumlah wilayah banyak warga yang tidak mendapatkan air bersih. Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan, untuk meringankan beban masyarakat.

Damkar Parepare mengerahkan armadanya melakukan penyuplaian air bersih ke rumah-rumah warga, jumat (25/11/2022).

Hal tersebut Kepala Bidang Evakuasi dan Penanggulangan Kebakaran Damkar Parepare, Syafruddin Sjam mengungkapkan, kami telah mengerahkan 6 armada, di antaranya 3 armada penembak untuk penyemprotan dan 3 armada tangki untuk menyuplai air bersih. Itu kami lakukan, untuk meringankan beban warga yang terdampak banjir.

“Melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, instruksi dari Bapak Walikota (HM. Taufan Pawe), agar segera mungkin membantu warga yang terkena bencana, untuk meringankan beban masyarakat”, ungkap Syafruddin Sjam

Selain itu, sekitar 353 laporan pengaduan masyarakat yang masuk melalui Sistem Informasi Layanan Peduli Pengaduan, Penanggulangan dan Penyelamatan (SILP4) yang ingin di bantu, selain dari penyemprotan, juga ada pengaduan air bersih. Tiga armada penembak, untuk melakukan penyemprotan dan satu armada tangki untuk menyuplai air bersih.

baca juga : Tim SAR Brimob Parepare Bersama Damkar, Bergerak Cepat Evakuasi Pohon Tumbang

“Itu kami fokuskan ke titik-titik lokasi yang terekena banjir dan pengaduan masyarakat yang masuk melalui layanan SILP4, untuk layanan air bersih, kamipun melayani secara bertahap, karena hanya dua armada tangki di gunakan, “Ucap Pallung, sapaan akrab kabid damkar ini.

Salah seorang warga yang mendapatkan air bersih dari Damkar Parepare, Astuti mengatakan, apa yang telah di lakukan oleh Pemerintah Kota Parepare, khususnya Damkar, sangat membantu kami dalam penyuplaian air bersih kepada warga yang terdampak banjir. Walaupun bukan pada titik paling terdampak, namun sangat membutuhkan air bersih. Apalagi pada saat akan memasak makanan, untuk keluarga.

“Air bersih yang biasa kami gunakan itu, tidak lagi mengalir pasca banjir beberapa waktu lalu. Dengan adanya bantuan air bersih dari Damkar Parepare untuk warga, sangat memmbantu aktifitas kami di rumah, khususnya kami ibu rumah tangga. (Sis)