oleh

Pasca Lebaran, PMI Kota Makassar Kekurangan Stok Darah

koranmakassarnews.com — “Permintaan darah pasca lebaran ini meningkat, rata-rata ketersediaan darah untuk golongan tertentu menipis” ungkap Khudry Arsyad selaku Wakil Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Makassar, jumat (29/5/20)

Menurutnya, pademi virus Covid-19 yang masih berlangsung sekaligus dibarengi pademi demam berdarah yang terjadi di Kota Makassar mengakibatkan permintaan darah meningkat.

“Saat ini, stock darah di UTD PMI Kota Makassar tersisa 400-an kantong dan itu hanya cukup untuk dua sampai tiga hari kedepan,” ucap Khudry.

Lanjut dia, rata-rata permintaan darah 250-300 kantong darah per hari di UTD PMI Kota Makassar. Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk jadi pendonor aktif untuk membantu memenuhi permintaan itu.

 

“Kondisi saat ini, kami berharap teman-teman pendonor rutin yang sudah waktunya donor darah, untuk datang ke UTD PMI Makassar di Jalan Kandea Makassar,” kata Khudry saat ditemui di UTD PMI Kota Makassar, Jumat (29/05).

Sementara itu, Ketua PMI Kota Makassar Syamsu Rizal MI, mengatakan partisipasi masyarakat sangat diharapkan untuk mau mendonorkan darahnya, guna membantu memenuhi kebutuhan darah di masa pandemi virus-covid-19 dan demam berdarah.

baca juga : BNPB Minta Dukungan Armada Gunner PMI Untuk Atasi Covid-19 di Provinsi Jawa Timur

“Masyarakat tidak perlu takut untuk mendonorkan darahnya, silahkan datang langsung ke UTD PMI. Kami di UTD PMI sudah menjalankan protap protokol kesehatan,” kata Deng Ical sapaan akrab ketua PMI Kota Makassar.

Data UTD PMI Kota Makassar, idealnya stok darah yang tersedia sebanyak 600 kantong darah per hari untuk memenuhi permintaan darah dari pasien sejumlah rumah sakit di Makassar.

Olehnya itu, Deng Ical mengajak semua pihak untuk menyumbangkan darahnya guna membantu menjaga stok darah di UTD PMI Kota Makassar. (*)