oleh

Pastikan Layanan Ibu dan Anak Maksimal, Ketua TP PKK Tinjau RSUD Daya Makassar

“Program ini dinamakan Ku Catatki, ini dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar,” ungkap dr. Ari, sapaan akrabnya.

Di samping Ku Catatki, ada seabrek program lain yang turut dihadirkan RSUD Daya Kota Makassar sebagai bagian dari layanan Jampangi. Di antaranya, gerus mata atau gerakan USG gratis di Jumat berkah, pendampingan klinis perempuan dengan layanan konsultasi online 24 jam, pemanfaatan buku kesehatan ibu dan anak sebagai media promosi kesehatan dan pencatatan.

Kemudian ada pelayanan persalinan senyaman bersama teman, pelayanan obstetri neonatal emergency komprehensif selama 24 jam, kursus singkat ibu pasca bersalin untuk keluarga berkualitas, hingga pelayanan dan konseling KB pasca bersalin.

Dokter Ari berujar, dalam penyelenggaran pelayanan di rumah sakit, hendaknya bukan hanya sebagai jejaring rujukan pemberi layanan kuratif dan rehabilitatif, namun rumah sakit juga seharusnya bisa memberikan layanan promotif dan preventif.

“Berangkat dari itu semua, RSUD Daya Kota Makassar berkomitmen untuk memperbaiki komunikasi, kecepatan respon, melakukan pemeriksaan gratis, pendampingan dan pemberian informasi yang dibutuhkan pasien dengan lebih menyeluruh,” tandasnya.