oleh

Pembelajaran Berakhir, Ini Rangkaian Sentra Tematik TK Islam Athirah 2 Makassar

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Tahun ajaran semester genap sebentar lagi berakhir. Jumat, 28 Mei 2021 merupakan pekan terakhir TK Islam Athirah memberikan pembelajan sentra secara tematik pada anak didik. Sejumlah 6 tema yang diberikan kepada anak didik selama semester genap ini yakni alat komunikasi, tanaman, binatang, pekerjaan dan air-udara-api.

Menariknya, setiap tema berakhir TK Islam Arhirah 2 mengadakan kegiatan puncak tema untuk memberikan kesan yang mendalam kepada anak mengenai tema yang diajarkan. Tentunya, dimasa pandemi sepeeti sekarang bukan hal mudah melakukan pembelajaran jarah jauh tanpa adanya tatap muka langsung dengan anak didik terutama anak usia dini.

Selaras dengan itu, penanggungjawab sentra Seni Mirawaty, S.Pd mengatakan bahwa banyak kendala yang TK Islam Athirah 2 alami, namun mereka berupaya untuk terus mencari solusi agar pembelajaran tetap berjalan dengan baik.

“Betul. Di semester genap ini, minat belajar anak melalui daring mulai menurun, ada rasa bosan dengan rutinitas hanya melihat lewat hp atau laptop, jadi ya ini merupakan tantangan bagi kita sebagai guru bagaimana menggunakan trik-trik agar dapat menumbuhkan lagi semangat anak” jelas salah satu wali kelas kelompok B TK Islam Athirah 2 tersebut saat dihubungi via WA, rabu (2/6/21)

Ia pun berbagi trik-trik untuk membangun semangat belajar anak.

“Ada 2 sasaran utama yang harus kita bangun semangatnya yakni orang tua dan anak. Yang pertama harus kita lakukan adalah menjelaskan kondisi yang dihadapi kepada orang tua agar kedepannya bisa menjalin kerjasama yang baik dalam mendampingi ananda belajar dari rumah, serta senantiasa memotivasi orang tua. Kemudian yang kedua, lebih memotivasi anak-anak aktif dalam pembelajaran seperti mengajak anak berdiskusi dan tanya jawab, bukan guru yang panjang lebar menjelaskan karena hal ini bisa membuat anak bosan” jelas ummi Mira (sapaan akrabnya) berbagi trik-trik mengajar di masa pandemi.

Penanggungjawab sentra bahan alam sekaligus wali kelas kelompok A Al Kholiq, Lilik Sri Handayani, S.Pd saat dihubungi melalui telepon mengatakan bahwa pembelajaran teman berjalan efektif dan menarik bagi anak.