oleh

Percepatan Penanggulangan Covid-19, Pemkab Luwu Tetapkan Syarat Wajib Bagi Rumah Ibadah

LUWU, koranmakassarnews.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, melalui Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 usai menggelar rapat koordinasi (Rakor) yang membahas tatanan kenormalan baru atau new normal.

Sejumlah aspek kehidupan masyarakat dibahas dalam rakor ini. Tujuannya, menentukan syarat wajib bagi masyarakat sebagai pedoman dalam menjalankan aktifitas di masa tatanan kenormalan baru.

Diantara aspek yang dibahas yakni tatanan beribadah. Gugus tugas memberikan lima syarat wajib yang mesti dipenuhi untuk kembali membuka pelaksanaan ibadah di masjid, gereja ataupun rumah ibadah lainnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu, Ridwan Tumbalolo, menyebutkan ke empat syarat tersebut.

“Harus jaga jarak antar jamaah satu dengan yang lainnya, minimal satu meter, membawa sajadah sendiri dari rumah, menggunakan masker dan masjid harus mempunyai tempat cuci tangan dan menyiapkan sabun,” ujarnya, jumat (5/6/20).

“Sementara ini kita dalam tahap penerapan tatanan normal baru. Untuk persiapan nya kita diharapkan memperbanyak edukasi dan sosialisasi, mempersiapkan sarana new normal khususnya tempat-tempat umum termasuk rumah ibadah,” lanjutnya.

Syarat terakhir disebutkan Sekda Luwu yakni bagi jamaah yang terkena penyakit baik flu, batuk atau demam agar melaksanakan ibadah di rumah saja.

“Kalau beberapa poin ini sudah bisa dijalankan, rumah ibadah yang bersangkutan akan dilaporkan ke gugus tugas kabupaten untuk dinyatakan siap untuk dibuka sesuai dengan tatanan normal baru,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, rumah ibadah di wilayah Koramil 1403-07 Walenrang dibuka kembali, itu menyusul akan diberlakukannya aturan baru New Normal.

Namun, dibukanya kembali rumah ibadah tidak serta merta, sebab, ada protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

baca juga : https://koranmakassarnews.com/bupati-luwu-instruksikan-semua-opd-segera-menindaklanjuti-rekomendasi-dprd-atas-lkpj-tahun-2019/

Menurut Babinsa 1403-07 Walenrang, Kopka Rusdi, kabar baik tersebut dibahas dalam rapat koordinasi (rakor) khusus penerapan tatanan normal baru atau new normal baru-baru ini.

Rapat yang berlangsung di kantor Kecamatan Lamasi, menurut Kopka Rusdi dihadiri oleh Danramil 1403-07 Walenrang, Kapten Inf Asmiruddin, Kapolsek Lamasi, Camat Lamasi, Kepala KUA dan kepala desa se kecamatan Lamasi, serta Babinsa Lamasi.

“Rumah ibadah siap dibuka kembali dan bisa melakukan kegiatan ibadah, dengan ketentuan harus mengikuti protokoler yang sudah diimbau,” kata Kopka Rusdi.

“Tetap atur jarak, menyediakan tempat cuci tangan dan sabun, mencuci tangan sebelum masuk melaksanakan ibadah, memakai masker dan melakukan tes suhu badan,” sebutnya. (*)