oleh

Peringati Hari Santri 2021, Ansor Maros lakukan ziarah Makam Tokoh NU

MAROS, koranmakassarnews.com — Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Maros melakukan ziarah makam muassis dan Ulama Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel, antara lain Almagfurlah Syekh Sayyid Djamaluddin Assagaf Puang Ramma di dusun Tambua, Kecamatan Lau Kabupaten Maros, Jum’at (15/10/21).

Ketua PC. GP Ansor Maros, Abrar Rahman mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021.

Seperti yang diketahui bahwa Hari Santri Nasional (HSN) jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya, jelasnya.

Peringatan ini, ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta, lanjut Abrar.

Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para Ulama, jelasnya.

Tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan jihad yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional RI Hadratusyekh KH. Muhammad Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945, kata Abrar.

Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan, kata Abrar sesuai rilisnya yang dikirim ke redaksi.

Aspek lain yang melatarbelakangi penetapan hari Santri ini adalah pengakuan resmi Pemerintah Republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga NKRI, tambahnya.

baca juga : GP Ansor Makassar Minta Masyarakat Tidak Terprovokasi Pembakaran Mimbar Masjid Raya

Ini sekaligus merevisi beberapa catatan sejarah nasional, terutama yang ditulis pada masa Orde Baru, yang hampir tidak pernah menyebut peran ulama dan kaum santri, tandas Abrar.

Rencananya kegiatan peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021 akan dirangkaikan dengan pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H.

Secara keseluruhan rencana agenda PC. GP. Ansor Maros dalam rangka peringatan Hari santri Nasional tahun 2021 ini adalah : Ziarah makam muassis dan ulama NU, lomba futsal antar PAC se-Kab. Maros, Maulid & Istighotsah, Nonton bareng film Sang Kyai serentak di 14 kecamatan di Kab. Maros, katanya.

Puncaknya akan terlibat di pelaksanaan upacara peringatan hari santri bersama seluruh utusan pondok pesantren se kabupaten Maros. (*)