oleh

Rakerda I IWO Sidrap Mantapkan Program Kerja Tahunan

SOPPENG, koranmakassarnews.com — Rakerda I IWO (Ikatan Wartawan Online) Kabupaten Sidrap, Tahun 2023, berlangsung sukses selama dua hari di Pemandian Air Panas Lejja Soppeng, 16-17 Mei 2023. Acara yang dihadiri oleh seluruh pengurus daerah IWO Sidrap tersebut telah menghasilkan sejumlah program kerja yang akan dilaksanakan di masa mendatang.

Rakerda I IWO Sidrap diawali dengan acara pembukaan dihadiri Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah SIK melalui Kasi Humas Polres Sidrap, AKP H Zakaria selaku salah satu Dewan Pembina/Kehormatan IWO Sidrap

Dalam Rakerda ini, anggota IWO Sidrap secara aktif berdiskusi dan berkolaborasi untuk merumuskan program kerja yang bertujuan meningkatkan kualitas jurnalisme online di wilayah tersebut. Beberapa hasil program kerja yang disepakati antara lain:

Pelatihan Jurnalistik Online: Anggota IWO Sidrap akan menyelenggarakan pelatihan jurnalistik online bagi para anggota baru maupun yang sudah berkecimpung di dunia jurnalistik. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam meliput berita secara digital.

Penyuluhan Literasi Media: IWO Sidrap akan mengadakan kegiatan penyuluhan literasi media di sekolah-sekolah dan masyarakat umum. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang media, mengajarkan cara memilih dan memilah berita yang benar, serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap dampak berita palsu atau hoaks.

Kolaborasi dengan Instansi Pemerintah dan Swasta: IWO Sidrap akan menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah dan swasta dalam rangka meningkatkan akses informasi bagi masyarakat. Kolaborasi ini meliputi penyediaan ruang publik informasi, konferensi pers, dan kegiatan lain yang bertujuan untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas.

Peningkatan Jaringan Kerja: Rakerda ini juga menjadi momen bagi anggota IWO Sidrap untuk memperluas jaringan kerja dengan wartawan dan media dari daerah lain. Melalui pertukaran pengalaman dan kolaborasi, diharapkan dapat tercipta sinergi yang positif dalam peliputan berita dan peningkatan profesionalisme dan yang lainnya.

baca juga : Zulkifli Thahir Harap Kehadiran IWO di Bumi Lasinrang Bisa Memberikan Manfaat Lebih Banyak

Rakerda I IWO Sidrap di Pemandian Air Panas Lejja Soppeng ini menjadi momentum yang berarti bagi anggota IWO Sidrap dalam memperkuat eksistensi dan meningkatkan kualitas jurnalisme online. Dengan adanya program kerja yang disepakati, diharapkan IWO Sidrap dapat memberikan kontribusi yang positif dalam memberikan informasi yang akurat, bermanfaat, dan dapat dipercaya kepada masyarakat.

Ketua IWO Sidrap Edy Basri mengatakan, dipilihnya Pemandian Air Panas Lejja Soppeng selaku tempat berlangsungnya Rakerda IWO Sidrap I Tahun 2023, dengan sejumlah alasan yang mendukung tujuan dan tema acara tersebut.

Pertama, pemandian alam ini menyediakan lingkungan yang alami dan menenangkan, yang dapat memberikan suasana yang kondusif untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam membangun jurnalis yang berkualitas.