oleh

Siswa SMA MUHI Yogyakarta Berhasil Lolos ke OSN Tingkat Nasional Cabang Matematika

YOGYAKARTA, koranmakassarnews.com — Prestasi gemilang kembali ditorehkan siswa SMA Muhammadiyah I Yogyakarta (MUHI). Terbukti Ananda Muhammad Iqbal Raihan (XI MIPA 4) berhasil lolos mewakili Provinsi DIY dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional untuk mata pelajaran Matematika.

Ada 5 peserta didik yang mewakili Provinsi DIY ke OSN Nasional untuk mata pelajaran matematika, dan salah satunya adalah Muhammad Iqbal Raihan.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini dilaksanakan secara berjenjang dari seleksi di level sekolah hingga level nasional. Muhammad Iqbal Raihan merupakan satu-satunya peserta didik sekolah Muhammadiyah di Provinsi DIY yang bisa lolos sampai level nasional.

Berkat kerja keras, kegigihan, dan doa dari berbagai pihak akhirnya Muhammad Iqbal Raihan bisa lolos ke OSN tingkat nasional. “Saya amat bersyukur dapat meraih kejuaraan ini. Semoga hal ini dapat terus memacu saya untuk semakin berprestasi. Terima kasih orang tua dan Muhi atas dukungan penuhnya.” ungkap Muhammad Iqbal Raihan dengan santun.

Muh. Iqbal

Kepala SMA Muhi Drs H Herynugroho, M.Pd mengaku bangga atas prestasi ini dan berharap Muhammad Iqbal Raihan bisa memaksimalkan kesempatan ini untuk semakin berprestasi di tingkat nasional. Menurutnya, disamping bisa menjadi alat pengembangan model untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu pembelajaran sains, Olimpiade Sains juga dapat mendorong berkembangnya etos ilmu dan budaya ilmiah dalam masyarakat kita.

Melalui kegiatan lomba Olimpiade Sains ini diharapkan akan terbentuk kepribadian siswa yang unggul, kompetitif dan bisa bersaing di tingkat global.

“Selamat atas keberhasilan Ananda dalam OSN tingkat Provinsi DIY Tahun 2023, dan selamat berjuang di OSN tingkat nasional”, tutur Drs. H. Herynugroho, M.Pd. selaku kepala Sekolah yang juga guru Matematika.

Hal senada juga disampaikan Marsuni, S.Pd selaku Wakil Kepala Urusan Kurikulum. Ia menyatakan bangga karena SMA MUHI menjadi satu-satunya SMA/MA Muhammadiyah di DIY yang siswanya berhasil lolos OSN tingkat nasional.

baca juga : SMA MUHI Gelar Pentasyafuran Hewan Qurban di Wonosobo

Dituturkannya, sekolah telah menunjuk guru-guru terbaik untuk mendampingi para siswa agar sukses di OSN. Pembimbingan dilaksanakan secara rutin melalui kegiatan ekstrakurikuler olimpiade dan pendampingan khusus setiap akan ada lomba. Menurutnya lomba ini dilaksanakan dengan seleksi ketat mulai dari tingkat sekolah, kabupaten / kota, provinsi, dan nasional.

“Salah satu motif pelaksanaan Olimpiade Sains ini adalah kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade Fisika Internasional (IPhO – International Physics Olympiad) yang diselenggarakan di Bali pada tahun 2002. Harapannya dengan lomba ini dari SMA Muhi akan lahir juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat Internasional” pungkasnya. (*)

Penanggung jawab berita : Yusron Ardi Darmawan, M.Pd