oleh

SMA MUHI Gelar Pentasyafuran Hewan Qurban di Wonosobo

WONOSOBO, koranmakassarnews.com — SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada Jumat, 30 Juni 2023 melaksanakan kegiatan pentasyarufan dan penyembelihan hewan kurban berupa 1 ekor sapi. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan bekerjasama Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kalikajar Wonosobo Jawa Tengah.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 08.30 WIB bertempat di halaman MTS Muhammadiyah Garung, Butuh, Kalikajar, Wonosobo, Jawa Tengah ini melibatkan alumni mubaligh hijrah Ramadhan 1444 H dan pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhi sebagai wahana belajar bagi peserta didik.

Dipandu oleh tenaga yang sudah berpengalaman, pengurus IPM SMA Muhi siswa putera ikut merobohkan sapi yang akan disembelih. Sedangkan siswa putri mempersiapkan konsumsi dan pendistribusian daging.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Islam Muhammadiyah Bahasa Arab (Ismuba) SMA Muhi, Abdul Qodir, M.S.I menerangkan, kegiatan penyembelihan hewan qurban ini merupakan kelanjutkan dari kegiatan mubaligh hijrah Ramadhan 1444 H lalu.

“Idul Adha, erat kaitannya dengan dua hal, yakni ketaatan dan pengorbanan sebagaimana representasi dari kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Jadikan ini sebagai momentum untuk merekatkan kebersamaan, gotong royong, dan wujud syukur atas segala rezeki yang telah Allah SWT berikan untuk sekolah ini sekaligus membawa semangat baru untuk terus beramal sholeh” terangnya.

Edo Lestari, M.Psi selaku panitia kegiatan melaporkan bahwa dari hasil penyembelihan sapi ini diperoleh 214 kg, dengan rincian : 128 kg daging, 13 kg hati dan paru, 60 kg balungan, serta 13 kg babat.

Wakil Kepala Urusan Kesiswaan tersebut itu juga menyatakan bahwa 128 kg daging dibagikan kepada para orang tua siswa MTS Muhammadiyah Garung, Butuh.

Ibadah kurban mengandung 2 dimensi ibadah yaitu hablumminallah dan hablumminannas. Melalui ibadah qurban diharapkan juga melatih siswa memiliki kecerdasan spritual dan kecerdasan sosial secara seimbang. Kegiatan ini sekaligus sebagai upaya merekatkan persaudaraan dan kerja sama antara sekolah dengan mitra sekolah.

Yunani AR, S.Ag selaku ketua PCM Kalikajar dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kegiatan penyembelihan hewan Qurban yang dilaksanakan di Kalikajar. Yunani berharap kegiatan ini akan berdampak positif bagi masyarakat Muhammadiyah di Kalikajar.

baca juga : Sebanyak 61 Lulusan SMA MUHI Lolos SNBT 2023, 17 Alumni Diterima di UGM

Pembagian bibit pohon Sengon

Bersamaan dengan pembagian daging kurban, SMA Muhi juga membagikan 130 bibit pohon sengon. Bibit sengon tersebut diserahkan secara simbolis kepada Yunani AR, S.Ag selaku ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kalikajar. 130 bibit sengon tersebut didistribusikan ke MTS Muhammadiyah Garung 30 batang. Selanjutnya 100 bibit sengon lainnya disalurkan di 4 ranting Muhammadiyah yang ada di Kalikajar. Kegiatan ini sebagai salah satu Gerakan kampanye Adiwiyata sekolah.

Menurut ketua tim adiwiyata sekolah Marini Amalia Octavianti M.Pd, pohon sengon merupakan salah satu jenis pohon yang bernilai investasi. Sengon adalah pelopor pohon multiguna yang dapat dibudidayakan secara cepat dan mampu tumbuh di segala kondisi tanah.

Ada banyak manfaat pohon sengon, seperti pembuatan furniture, konstruksi bangunan, bahan baku pulp, bahkan untuk obat-obatan. Harapannya pohon sengon tersebut bernilai ekonomis yang tinggi untuk masyarakat Kalikajar dan bisa berperan untuk melestarikan lingkungan alam. (*)

Penanggung jawab berita : Yusron Ardi Darmawan, M.Pd