oleh

SMA Muhi Yogyakarta Pamerkan Karya Siswa Melalui Pameran P5M

Setelah acara pembukaan pameran selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pameran karya siswa. Pada kesempatan ini ada 12 kelas yang tampil. Masing-masing kelas mengirimkan 6 kelompok untuk unjuk hasil karya. Karya siswa yang dipamerkan tersebut diantaranya fasion show busana dari bahan limbah, video edukasi pengelolaan sampah dan gaya hidup sehat, musikalisasi puisi, monolog PLTU dari sampah, video pembuatan pupuk kompos, penampilan produk kincir angina, pemanfaatan air hujan untuk listrik, dan masih banyak lagi.

Kegiatan pameran karya ini berlangsung sampai Jumat, 1 September 2023. untuk meramaikan pameran sekolah juga mengundang perwakilan dari sekolah tetangga. Selain itu peserta didik kelas XI dan XII juga secara bergilir diundang untuk menonton pameran di Grha As-Sakinah.

Marsuni S.Pd selaku Wakil Kepala Urusan Kurikulum menyatakan kegiatan P5M dilakukan melalui beberapa tahapan. Tahapan yang dimaksud adalah Tahapan Pembelajaran Projek Dan Dimensi. Pembagian tahapan tersebut meliputi; (1) Tahap Pengenalan (mencari referensi materi SALAM Selamatkan Alam dan Lingkungan dengan Aktif dan Manfaat), (2) Tahap Proposal (Rencana produk yang akan dibuat, Rincian Biaya, Timeline), (3) Tahap praktik Pembuatan (tahap persiapan dan tahap produksi), (4) Tahap Refleksi (Pra Tasyakur / Gladi Resik persiapan Tasyakur) dan dan diakhiri dengan kegiatan Tasyakur (Tunjukkan RaSa dan RaYakan Karya Untuk NegaRa) yang dilaksanakan di Ghra Assakinah.

baca juga : SMA MUHI Membuka PPDB 2024/2025, Beasiswa 650 Juta Disiapkan

Sementara Ganang Suseno S.E selaku ketua Project P5M Muhi mengharapkan bahwa melalui projek ini, peserta didik bisa berproses melalui pengalaman belajarnya yang mencapai tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila: Beriman kepada Tuhan yang Maha Esa, Bergotong Royong , dan Kreativitas.

“Semoga dengan mencapai tujuan-tujuan kegiatan P5 ini, dapat membantu menciptakan peserta didik yang lebih sadar lingkungan, berkelanjutan, dan bertanggung jawab terhadap masa depan lingkungan di sekitarnya,” ujarnya.

Penanggung jawab : Yusron Ardi Darmawan, M.Pd