oleh

Warga Biringkassi Jeneponto Harap Usulan Di Musrenbang Tingkat Kelurahan Terealisasi

JENEPONTO, koranmakassarnews.com — Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan dilaksanakan di kantor lurah Biringkassi, kec Binamu, Senin (1/2/2023).

Pelaksanaan Musrenbang Kelurahan merupakan agenda tahunan yang menjadi amanat perundang-undangan.

Kepala kelurahan Biringkassi menjelaskan bahwa maksud dilaksanakannya musrenbang Kelurahan ini untuk mendorong peran dan partisipasi masyarakat dalam merumuskan dan pengambilan keputusan bersama Pemerintah dalam menyusun perencanaan pembangunan di tingkat Kelurahan.

“Pelaksanaan Musrenbang juga sebagai evaluasi pelaksanaan usulan usulan tahun lalu, seberapa banyak yang teralisasi dan yang belum terealisasi.” ucap lurah.

Ditempat yang sama Kepala Dinas perdagin Jeneponto, H. Manrancai Sally menyampaikan bahwa bekerja cerdas dan kreatif dalam pemberdayaan itu penting bahkan pihaknya pernah mengundang warga Biringkassi untuk ikut serta pelatihan salah satunya adalah pelatihan kain tope’ kemudian ikut mempromosikan kain tope’ berwarna yang bisa menjadi model baju dan akhirnya membawa Jeneponto juara ditingkat provinsi Sulawesi Selatan.

“Insha Allah kami akan kembali ke pameran tingkat nasional di Jakarta yang akan di hadiri berbagai negara untuk mempromosikan hasil kreativitas kain tope’ yang biasanya hanya di peruntukan untuk jenazah, namun kain tope’ tersebut bisa menjadi model baju melalui pelatihan-pelatihan dan kreativitas yang dilakukan oleh dinas perdagin”, ungkap Kadis perdagin.

baca juga : Bupati Jeneponto Buka Resmi Kongres HPMT ke XVII

Sementara itu pemuda Biringkassi Trywahyudin Syam sedikit mengimbau kepada pemerintah dan masyarakat tentang tanggap bencana yakni masalah genangan air dan penanganan abrasi agar tidak berdampak kepada warga yang ada di pinggiran pantai.

“Saya kira masih banyak kebutuhan warga termasuk pelatihan pemberdayaan pemuda, perempuan dan masyarakat Biringkassi pada khususnya. kita ketahui bahwa potensi darat dan laut di kelurahan ini sangat bagus karena kebanyakan petani rumput laut, nelayan dan petani kebun, maka dari itu silahkan diusulkan bersama. Semoga nanti usulan usulan warga dapat terealisasi”, ucapnya.

Hadir pada musrenbang itu diantaranya anggota DPRD Awaluddin Sinring, Camat Binamu, Bappeda Jeneponto, Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Jeneponto, Perwakilan PMD, Dinas Kelautan serta tokoh pemuda dan masyarakat Biringkassi. (*)