oleh

Wujudkan Grand Desain Olahraga, KONI Makassar Berkolaborasi Dengan IKA Unhas

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Makassar terus berkomitmen dalam mewujudkan misi olahraga sebagai solusi melalui pembinaan prestasi dan mitigasi sosial. Dalam upaya tersebut, KONI telah menjalin kerja sama dengan Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin Wilayah Sulsel.

Pada malam Senin (27/11), Ketua KONI Makassar, Ahmad Susanto, dan Ketua IKA Unhas, Moh Ramdhan Pomanto, menandatangani nota kerja sama yang bertujuan untuk melibatkan IKA Unhas secara langsung dalam program mitigasi sosial. Keterlibatan IKA Unhas dianggap penting karena banyak akademisi di dalamnya memiliki kompetensi di bidang tersebut.

“Di tahun 2024, kami akan menyusun mapping dan grand design untuk pembangunan olahraga jangka panjang dengan metode pembinaan prestasi dan mitigasi sosial. Untuk mengisi ruang itu, kami harus melibatkan banyak pihak sebagai pakar, konsultan riset, sport sains, dan sebagainya. IKA Unhas adalah salah satu lembaga yang eksis dan kompeten untuk itu,” ujar Ahmad Susanto.

baca juga : Makassar Triathlon Race 2023, Total Hadiah Rp 210 Juta

MoU ini diharapkan menjadi langkah awal untuk menyatukan persepsi terkait olahraga dan akan diikuti oleh langkah-langkah teknis dan strategis. Ketua Bidang Pemuda, Olahraga, dan Seni IKA Unhas Sulsel, Rahman Rizal Andi Sapada, menyatakan bahwa IKA Unhas menggandeng KONI karena dianggap sebagai lembaga paling tuntas dalam hal olahraga.

“IKA Unhas wilayah Sulsel diharapkan bisa berbagi program dengan KONI Makassar. Melalui pola berpikir para alumni untuk perkembangan olahraga di Sulsel, karena kami ingin terlibat lebih banyak di tengah-tengah masyarakat,” ujar Rahman Rizal Andi Sapada.

Ia juga menekankan peran olahraga sebagai solusi bagi masalah sosial, dan melalui keterlibatan IKA Unhas, diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih besar kepada masyarakat melalui olahraga. (*)