oleh

Wujudkan Pemilu Ideal Dalam Pengawasan, Bawaslu Enrekang Gelar Dialog Publik Tematik

ENREKANG, koranmakassarnews.com — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Enrekang secara proaktif mengajak masyarakat berpartisipasi dalam mengawal Pemilu 2024 melalui kegiatan Dialog Publik Tematik bertajuk “Antara Cita-Cita dan Realitas pada Pemilu 2024”. Acara ini digelar di Ruang Pertemuan Dante Pine pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Dialog ini mengangkat topik Pengawasan Partisipatif pada Pemilu 2024 dengan mengundang Organisasi Kepemudaan (OKP), Ikatan Wartawan Online (IWO), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Difabel Enrekang (IDE), dan alumni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Kabupaten Enrekang. Kegiatan ini dibuka oleh Koordinator Divisi Hukum Pencegahan, Partisipasi Masyarakat (Parmas), dan Hubungan Masyarakat (Humas) Bawaslu Enrekang, Haslipa.

Menurut Haslipa, tujuan kegiatan ini adalah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk aktif mengawal dan mengawasi setiap tahapan Pemilu tahun 2024. Dalam menjaga kualitas demokrasi di Kabupaten Enrekang, masyarakat diharapkan berperan lebih besar.

Bawaslu Enrekang, yang memiliki mandat mengawasi penyelenggaraan pemilu sesuai undang-undang, berharap masyarakat bersama OKP, Media, IDE, dan Alumni SKPP menjaga agar tahapan Pemilu 2024 berjalan aman, lancar, serta sesuai prinsip-prinsip demokrasi.

Baca Juga : Pastikan Keamanan Kantor KPU dan Bawaslu, Sat Samapta Polres Takalar Laksanakan Patroli Dialogis

“Pemilihan umum 2024 akan lebih bersih dan adil jika seluruh elemen masyarakat berkolaborasi dengan Bawaslu dan berperan aktif dalam pengawasan partisipatif,” kata Haslipa.

Prof. Dr. Arrijani, M.Si dan Muhammad Alfa Sikar, S.IP., M.Si turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, menyampaikan materi dan wawasan mengenai bagaimana masyarakat dapat berkontribusi dalam pengawasan partisipatif, sekaligus memastikan Pemilu 2024 nantinya sejalan dengan cita-cita dan harapan bersama. (ZF)