oleh

15 Juni 1954 : Uni Sepak Bola Eropa UEFA Didirikan di Bassel Swiss

koranmakassarnews.com — Uni Sepak Bola Eropa (Union of European Football Associations, akronim UEFA) adalah badan administratif dan pengatur sepak bola Eropa, meskipun sejumlah anggota memiliki wilayah di Afrika dan Asia. Badan ini merupakan salah satu dari enam konfederasi benua dari badan sepak bola dunia FIFA. UEFA terdiri dari 54 anggota asosiasi nasional.

UEFA didirikan pada tanggal 15 Juni 1954 di Basel, Swiss setelah konsultasi antar asosiasi Italia, Prancis, dan Belgia. Awalnya, uni sepak bola Eropa terdiri dari 25 anggota yang jumlahnya dua kali lipat pada awal 1990-an. Sebagian besar keanggotaan UEFA mendapatkan pengakuan sebagai negara berdaulat di Eropa, meskipun ada beberapa pengecualian.

Beberapa negara kecil, (seperti Kota Vatikan) tidak termasuk dalam anggota. Beberapa anggota UEFA bukan negara yang berdaulat, tetapi merupakan bagian dari negara berdaulat yang telah diakui oleh konteks hukum internasional.

baca juga : 14 Juni 1913 : Pemerintah Hindia Belanda Dirikan OD yang Kemudian Diperingati Sebagai Hari Purbakala

UEFA merupakan salah satu asosiasi sepak bola nasional Eropa, menjalankan kompetisi klub dan negara termasuk Kejuaraan Eropa UEFA, Liga Negara UEFA, Liga Champions UEFA, Liga Eropa UEFA, dan Piala Super UEFA, mengatur semua peraturan, hak siar media, serta hadiah disaat adanya kompetisi.

Hingga tahun 1959 markas utama berlokasi di Paris ketika organisasi ini pindah ke Bern. Pada tahun 1995, Markas UEFA dipindahkan ke Nyon, Swiss. Henri Delaunay adalah Sekretaris Jendral pertama dan Ebbe Schwartz presiden pertama. Presiden saat ini adalah mantan pemain sepak bola dari Prancis, Michel Platini. (sumber wikipedia)