oleh

Akhir Tahun, Pj. Bupati Takalar Paparkan Progres Hasil Pembangunan dan Capaian Issu Strategis

TAKALAR, koranmakassarnews.com — Di penghujung tahun 2023, Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M.Dev.,P.Lg memaparkan Evaluasi Progres Hasil Pembangunan dan Capaian Issu Srtategis di Kab. Takalar selama satu tahun dalam Rapat Monitoring dan Evaluasi.

Kegiatan berlangsung di Baruga I Mannindori Kantor Bupati Takalar dan dihadiri Ketua DPRD Takalar, para Anggota Forkopimda Takalar, Sekda Takalar dan para Pimpinan OPD Lingkup Kab. Takalar. Jum’at 29 Desember 2023.

Dalam pemaparannya, Pj. Bupati Takalar mengatakan bahwa keberhasilan pencapaian kita selama satu tahun ini tidak akan ada artinya mana kala tanpa adanya dukungan dari pihak Legislatif, Anggota Forkopimda dan unsur lainnya.

“Dalam setahun ini, ada beberapa capaian yang kita raih diantaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita tahun ini alhamdulillah naik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dari posisi 24 naik ke posisi 18. Selain itu, pertumbuhan ekononi kita 4,65 %, ini lebih baik dibandingkan provinsi Sulsel yaitu 4,06%”.

Selain itu, Ia pula menambahkan bahwa kita juga tetap mempertahankan WTP kita. Itu artinya, pengelolaan keuangan daerah kita harus dikelola dengan baik lagi sehingga kita tetap meraih Wajar Tanpa Pengcualian (WTP) dari penilaian BPK. Untuk upaya pencegahan dan penurunan angka Stunting di takalar, kita berhasil meraih beberapa prestasi di antaranya Kabupaten peringkat ke-1 di Sulsel untuk Capaian Imunisasi Dasar Lengkap, Kabupaten peringkat ke-2 di Sulsel untuk pelaksanaan Elektronik Pencatatan Gizi Berbasis Masyarakat (E-PPGBM).

baca juga : Kapolres Bersama Pj. Bupati Takalar Kunjungi Pos Pam Operasi Lilin Nataru 2023

“Namun yang menjadi tantangan kita kedepan adalah bagaimana kita dapat mengurangi angka miskin ekstrem ditakalar dan mengurangi angka pengangguran dengan membuka lapangan kerja semaksimal mungkin baik pemerintah, pihak swasta maupun dimasyarakat” jelasnya.

Dr. Setiawan berpesan agar pelayanan dasar di masyarakat yaitu pelayanan kesehatan dan pendidikan harus menjadi perhatian khusus untuk menuju indonesia emas 2045.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Takalar H. Mub. Hasbi, S. STP. M. AP juga memaparkan tentang Perencanaan Program Pemerintah Daerah Kab. Takalar tahun 2024 mendatang. Dimana rencana tahun 2024 dibidang infrastruktur kita akan menambah armada Pemadam Kebakaran, penambahan sarana penanganan sampah, pembangunan pelataran dan alun-alun Kota Takalar.

Selain itu juga, direncanakan rehabilitasi pedesterian jalan trotoar dalam kota, penyediaan parkitan Kantor Bupati Takalar dan Soft Launching RSG (Rumah Sakit Galesong). (*)