oleh

Aliansi Penjaga Gerbang Timur Indonesia Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Depan Monumen Mandala

koranmakassarnews.com — Belasan ormas, OKP dan organisasi mahasiswa yang berhimpun dalam Aliansi Penjaga Gerbang Timur Indonesia disingkat APEGTI ahad pagi tadi (1/12/19) bahu membahu meneggakan dan mengibarkan bendera Merah Putih raksasa yang berukuran 5 x 7 meter di depan Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat Jalan Jend. Soedirman Makassar.

Setelah berdiri tegak, APEGTI kemudian mengajak seluruh pengguna jalan dan warga sekitar unutk hormat dan bersama sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Pengibaran bendera raksasa tersebut adalah penutup dari seluruh rangkaian kegiatan aksi damai yang bertajuk AKSI CINTA NKRI #KITA SAUDARA, KITA SATU, KITA INDONESIA#, sebelumnya digelar orasi dari beberapa perwakilan ormas yakni Pemuda Pancasila, Laskar Merah Putih, Brigade Muslim Indonesia, KBPP, Patron, AMP, KPJ, AMPI, IWO, IMDI, Gempa, KMP, Brigade Celebes, Laskar Pemadam, Srikandi PP, Sapma PP dan lain lain.

Selain orasi kebangsaan, APEGTI juga menggelar spanduk sepanjang 100 meter yang dibentangkan untuk di tanda tangani oleh warga yang sedang melakukan olahraga di Car Free Day. Beberapa tokoh ikut membubuhkan tanda tangannya diantaranya Pj Walikota Makassar Iqbal Suhaeb, anggota DPRD Kota Makassar Mario David serta beberapa tokoh masyarakat yang kebetulan melakukan olahraga disekitar Monumen Mandala.

Aksi Damai ini juga menggelar lomba lagu lagu akustik bertema lagu kebangsaan dan perjuangan yang pesertanya terdiri dari group band serta solois.

Menurut Muh. Zulkifli selaku ketua presidium APEGTI mengatakan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, cinta agama dan cinta tanah air, karena hal tersebut sangat penting mengingat semangat nasionalisme anak muda sekarang sepertinya semakin terkikis.

“Mereka harus ingat bahwa negara ini tidak tegak begitu saja tapi atas rahmat Allah SWT dan pengorbanan para leluhur kita, olehnya itu sebagai wujud syukur kita atas nikmat Allah SWT dan sebagai wujud penghargaan kita terhadap jasa para pahlawan maka kita harus menjaga semangat nasionalisme,, cinta agama dan cinta tanah air”, jelas Zulkifli.

tonton juga : Video : Pemuda Pancasila Bersama Aliansi Anak Bangsa Serukan Cinta NKRI di Makassar

Ditempat yang sama Ketua LMP Kota Makassar, Maulana menambahkan kegiatan aksi damai ini digelar untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme warga Indonesia sekaligus upaya untuk meredam aksi yang akan dilakukan oleh organ organ yang akan memperingati HUT Organisasi Papua Merdeka yang jatuh pada hari ini 1 Desember 2019.

“Jangan biarkan ibu pertiwi menangis karena perpecahan, kita semua punya tanggung jawab untuk menjaga NKRI tercinta karena kita saudara, kita satu karena kita Indonesia”, pungkas Maulana. (*)