oleh

Apresiasi Karya Anak Bangsa, Pemuda Pancasila Palopo Nobar Film Ati Raja

PALOPO, koranmakassarnews.com — Film yang diangkat dari biografi seniman asal Makasar Ho Eng Dji yang dirilis di bioskop-bioskop tanah air mulai Kamis 7 November 2019. Film ini bercerita soal seniman Ho Eng Dji. Dia adalah seorang penyair dan musisi Makassar yang lahir di Kassi Kebo tahun 1906 dan wafat 1960 di Makassar.

Ho Eng Dji merupakan Tionghoa peranakan yang hidup bergaul dengan harmonis dengan masyarakat Makassar.
Di filem ini, Ati Raja  menyuguhkan hubungan antar budaya dan kisah cintanya yang sendu. Selama hidupnya, beberapa lagu ciptaan Ho Eng Dji yang populer hingga saat ini antara lain Ati Raja, Sailong, Dendang-dendang, dan Amma Ciang.

Karya sineas lokal tersebut mendapat apresiasi dari semua kalangan tak terkecuali datang dari keluarga besar Pemuda Pancasila Kota Palopo yang ikut menggelar nonton bareng film Ati Raja, Senin 11 November 2019, di bioskop Platinum City Market Palopo.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Palopo, DR Akhmad Syarifuddin, sangat mengapresiasi karya anak bangsa seperti film Ati Raja. Apalagi di film ini kata mantan Walikota Palopo ini mengangkat cerita budaya lokal yang perlu dilestarikan.

“Kami memberi apresiasi yang luar biasa,  makanya keluarga besar PP langsung nobar dan kami akan terus menanti karya karya terbaru sineas lokal serta menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menonton film yang sarat akan budaya ini,” ujar Ome sapaan akrabnya.

Dalam nobar tersebut hadir pengurus MPC Pemuda Pancasila Palopo dan Srikandi Palopo.

baca juga : Tingkatkan Sinergitas, MPC Pemuda Pancasila Parepare Gelar Rakor

Diketahui para pemain yang bergabung di antaranya Fajar Baharuddin, Jennifer Tungka, Stephani Andries, Chesya Tjoputra, Goenawan Monoharto, Zulkifli Gani otto, Noufah A. Patajangi, Saenab Hasmar, Agung Iskandar, dan Gregorius.

Ati Raja merupakan karya sutradara dan penulis naskah Shaifuddin Bahrum. Film berdurasi 84 menit ini berada dalam naungan produksi Persaudaraan Peranakan Tionghoa Makassar (P2TM). (*)