oleh

Bawaslu Jeneponto Raih Juara I Kategori Adjudikasi Penyelesaian Sengketa Pemilu 2019

PALOPO, koranmakassarnews.com — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu di Hotel Beach Kota Palopo Sulawesi Selatan, Sabtu (10/09 2022).

Ketua Bawaslu RI Totok Hariyono, menyampaikan dalam sambutannya sekaligus membuka acara bahwa kegiatan rakor ini bertujuan salah satunya untuk membangun komitmen bersama dalam memperkuat jajaran Bawaslu Kab/Kota.

Dalam kegiatan tersebut, Totok juga menyampaikan ukuran keberhasilan Bawaslu bukan di ukur dari banyaknya penindakan pelanggaran tetapi banyaknya pencegahan potensi pelanggaran yang di cegah terjadinya oleh Bawaslu.

“Kita harus kembali ke esensi demokrasi adalah alat atau sarana. Pemilu ini juga alat atau sarana, alat untuk apa? Untuk mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. Jadi demokrasi kita ini adalah demokrasi untuk menjaga harkat dan martabat manusia, maka tidak perlu ada lempar lempar kaca, bakar bakaran, bunuh membunuh tidak sekedar mengejar 50% + 1 , bukan demokrasi ala barat yang berdasarkan kapitalis, individualis”, jelas Totok.

Ketua Bawaslu RI ini juga mengucapkan terima kasih kepada Walikota Palopo yang senafas dengan Bawaslu karena Palopo dibangun dengan diskusi dan musyarawah yang menerima masukan serta kritikan dari masyarakat dan dari spirit Palopo, insyaAllah pemilu kedepan jadi lebih baik, dari Palopo kita bangun demokrasi Indonesia,” tegas Totok Hariyono.

baca juga : Bawaslu Jeneponto Gelar Rapat Evaluasi Implementasi Birokrasi dan Zona Integritas

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Ketua Bawaslu Jeneponto Saiful sekaligus Kordiv Penyelesaian Sengketa dan kordiv PHL Hamka, anggota Bawaslu RI, anggota Bawaslu Prov dan Sekretaris, Walikota Palopo, Kordiv Sengketa dan Hukum, Pengawasan Bawaslu kab kota se SulSel, dan pejabat jajaran sekretariat prov serta seluruh staf penyelesaian sengketa Bawaslu prov. Sulsel.

“Alhamdulillah Bawaslu Jeneponto dapat Juara Terbaik I dalam kategori Adjudikasi Penyelesaian Sengketa Pemilu 2019”, ucap Saiful. (*)