oleh

Beredar Spanduk Tangkap Underbow OPM, PPM Sulsel: Pemerintah Harus Bertindak Tegas

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Sebuah spanduk terpasang didekat kampus Universitas Indonesia Timur (UIT) di Makassar. Spanduk itu bertuliskan, “Kami Peringatkan !!! OPM & Underbow nya Jangan Coba Mengusik NKRI”

Saat awak media mengkonfirmasi salah satu warga yang bermukim di dekat kampus UIT di jalan Rappocini itu mengatakan spanduk itu ada sejak pagi tadi Senin (16/1/2023)

“Sejak pagi tadi pak, sudah ada spanduk itu,” sebut Husni.

Dia pun mengatakan sepertinya spanduk itu mengingatkan atau memberi pesan kepada pemerintah agar tidak memberi ruang kepada mereka yang pro Organisasi Papua Merdeka atau OPM.

Terpisah Humas Pengurus Daerah Pemuda Panca Marga (PPM) Sulawesi Selatan mengatakan spanduk itu bentuk pesan kepada pemerintah pusat agar lebih tegas terhadap kelompok-kelompok pendukung papua merdeka yang di motori oknum mahasiswa asal papua yang cenderung mendukung OPM.

Spanduk Bubarkan Underbow OPM

“Kalau saya melihat spanduk itu pesan buat pemerintah. Terlepas siapa yang melakukan itu kami belum tau siapa yang membuat pesan itu,” kata Jurubicara PD PPM Sulsel, Umar Hankam. Senin (16/1/2023) di Makassar.

“Dari berbagai platform media sosial dan pemberitaan belakangan ini kan kita bisa melihat bagaimana KKB membantai para pekerja masyarakat sipil disana yang mencari nafkah, lalu mereka dituduh bagian dari spionase TNI-Polri. Dengan cara seperti itu yang mereka katakan agar terlepas dari tuduhan pelanggaran HAM,” tutur anak pejuang Trikora ini.

Dia pun berharap pemerintah lebih tegas atas pelanggar Hukum baik Senjata Api ilegal maupun tindakan Korupsi yang diduga dilakukan gubernur papua Lukas Enembe.

“Di makassar saja mereka ini masif melakukan aksi-aksi yang jelas-jelas mendukung Papua Merdeka dan OPM. Kami hanya berharap Pemerintah dan aparat TNI-Polri jangan memberi ruang sedikit kepada mereka ini yang berlindung di kebebasan demokrasi,” tegas Umar.

baca juga : Upaya Paksa, KPK Tangkap Gubernur Papua dan Langsung Diterbangkan Ke Jakarta

“Kami hanya berharap merek oknum mahasiswa yang berupaya mendukung Papua Merdeka dapat di hukum berat, Tanpa pandang bulu baik itu oknum mahasiswa asal Papua dan atau mereka mahasiswa non papua yang ikut bagian menentang Pemerintah dan Negara,” tegas Umar yang juga Wakil Komandan Korps Resimen Yudha Putra XXIV PD. PPM Sulsel.

Diketahui kelompok – kelompok garis keras di Papua seperti TPN-PB OPM, UMLWP, WPCL, KNPB, AMP yang didukung para tokoh dan aktivis berhaluan keras ikut terus memanas – manasi situasi bahkan mengajak melakukan aksi boikot dan aksi bakar – bakaran yang tidak jelas tentunya membawa dampak negatif dan kesengsaraan untuk warga Papua. (LN)