oleh

Berhasil Majukan Persepakbolaan di Indonesia Antarkan NH Raih Doktor Kehormatan

JAKARTA, koranmakassarnews.com — Universitas Negeri Semarang (UNNES) menganugerahkan gelar Honoris Causa kepada Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid, rabu (10/2/2021).

Penyematan gelar Doktor Kehormatan itu diberikan atas dedikasi dan keberhasilan NH di bidang olahraga, yakni persepakbolaan. Penganugerahan tersebut digelar secara online melalui virtual zoom. Termasuk offline atau secara luring dan during.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman menjelaskan Nurdin diberikan gelar tersebut oleh program studi S3 Pendidikan Olahraga karena berjasa dalam bidang keolahragaan Indonesia.

“Pertimbangannya sesuai peraturan menteri, akreditasi A prodi pengusul, analisis persyaratan akademik oleh Tim Promotor, Senat Fakultas, dan Senat Unnes,” katanya singkat.

“Aspek karakter dan ketokohan sudah dikaji sebagai bagian dari kajian akademik,” tambahnya.

Sekedar diketahui, kemajuan sepakbola Indonesia di abad ke-21 tak bisa lepas dari tangan dinginnya. NH bahkan dijuluki sebagai pioner revolusi persepakbolaan di tanah air. Mantan Ketua Umum PSSI era 2003-2011 itu adalah pionir sekaligus peletak dasar sepakbola Indonesia modern dengan melakukan lompatan-lompatan besar, khususnya melalui pendekatan bisnis (sport industry).

Saat menduduki kursi orang nomor satu di PSSI kala itu, langkah pertama yang dilakukan NH ialah merumuskan visi PSSI 2020, yaitu modernisasi sepakbola Indonesia untuk mewujutkan industri sepakbola dan berdaya saing di pentas global.