oleh

Berpotensi Bersengketa, Bantuan Dinas Perikanan Makassar Diduga dimonopoli RW Setempat

koranmakassarnews.com — Bantuan Dinas Pertanian dan Perikanan (DP2) kota Makassar berupa dermaga dan sejumlah kerambah untuk kelompok KerambaTello Baru Jaya kelurahan Tello Baru kecamatan Panakkukang berpotensi bersengketa.

Pasalnya, dermaga yang dikelola oleh ketua kelompok kerambah Tello Baru yang tak lain ketua RW setempat, telah disulap menjadi kafe dan resto diduga dimonopoli secara sepihak. Padahal semestinya bantuan dari pemerintah ini dikelola atas dasar azas manfaat untuk kalangan masyarakat sekitar lokasi tersebut.

Berdasarkan keterangan sejumlah warga sekitar mengakui bahwa mereka tidak pernah dilibatkan dalam pengelolaan kafe dan resto itu.

“Saya tidak dilibatkan dalam pengelolaan kafe itu, sepengetahuan saya pak RW yang biayai itu barang (Resto) mulai dari perbaikannya sampai jadi kafe seperti sekarang.” ucap warga yang tidak mau dipublikasikan identitasnya, jumat (18/12/20)

“Dulu memang ada beberapa warga yang masukkan produk olahan makanan tapi dihentikan sama pak RW, tidak tau apa alasannya. Saya dengar sekarang ambil dari luar. Padahal sepengetahuan saya program ini seharusnya memberdayakan masyarakat sekitar.” bebernya.

Dermaga apung milik Dinas Perikanan Makassar yang sebelumnya terbengkalai di Pantai Losari didatangkan ke bantaran sungai Tello melalui kesepakatan bersama antara DP2 Makssar dan Kelompok Sadar Wisata yang dijembatani Dinas Pariwisata Makassar bertujuan dikelola secara swadaya untuk pemberdayaan masyarakat setempat.