oleh

Cacat Prosedural, Sembilan Cabor Menolak Pelaksanaan Musorkab KONI Jeneponto

JENEPONTO, koranmakassarnews.com — Sebanyak sembilan cabang olahraga (Cabor) menyatakan penolakan terhadap pelaksanaan musyawarah olahraga kabupaten (Musorkab) KONI Jeneponto.

Kesembilan Cabor yang mengatasnamakan diri sebagai Koalisi Cabor Penyelamat KONI Jeneponto tersebut antara lain POBSI, PERBASI, PERKEMI, PODSI, ISSI, PBSI, PASI, FORKI dan PSTI

Penolakan Muskorkab KONI Jeneponto yang rencananya akan digelar besok selasa (19/04/2022) oleh Kesembilan Cabor tersebut bukan tanpa alasan.

Beberapa point subtansi dalam penolakan salah satunya karena pelaksanaan Musorkab KONI kabupaten Jeneponto dinilai inkonstitusional serta cacat prosedural karena tidak dilaksanakan sesuai amanah AD/ART dan Peraturan Organisasi (PO) KONI yang berlaku.

Koalisi Cabor KONI Jeneponto

Selain itu koalisi cabor ini menganggap pelaksanaan Musorkab dianggap tergesa-gesa dan disinyalir sarat akan kepentingan. Publikasi yang tertutup dan distribusi Informasi Yang tidak sampai berakibat sulitnya para pengurus cabor untuk mengakses informasi terkait tahapan pelaksanaan Musorkab.

Basri selaku juru bicara koalisi menjelaskan bahwa tahapan tahapan pelaksanaan Musorkab terkesan sangat tertutup bagi cabor dan khalayak umum sehingga tidak dapat ikut serta dalam memajukan olah raga di kabupaten Jeneponto

Basri menambahkan agar pengurus KONI Sulawesi Selatan melalui langkah-langkah organisasi dapat memberikan solusi terbaik sehingga proses Musorkab KONI Jeneponto dapat berjalan sebagai mana semestinya.

baca juga : Satgas Transisi KONI Sulsel Tegaskan Porprov Dilaksanakan Sesuai Jadwal

“Dengan tegas kami menolak pelaksanaan musorkab yang akan dihelat besok karena akan mencederai proses demokrasi di tubuh KONI Jeneponto. Kita punya harapan besar untuk sama-sama memajukan olah raga di Jeneponto dengan proses yang demokratis dan beretika”, ucap Basri

selain itu Basri dengan tegas meminta kepada Pengurus Provinsi KONI Sulawesi Selatan untuk meninjau ulang pelaksanaan Musorkab KONI Jeneponto yang akan digelar Selasa, 19 April 2022 di Gedung Sipitangarri besok. (*)