oleh

Cakra Design Engineering dan BLKK Al-Fakhriyah Kerjasama Gelar Pelatihan Desain Teknik

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Lembaga Pelatihan Cakra Design Engineering bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Pondok Pesantren Multidimensi Al-Fakhriyah Makassar untuk pelaksanaan pelatihan aplikasi desain keteknikan untuk konstruksi.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara Ketua Cakra Design Engineering Akbar Hadi ST, dengan Ketua BLKK Al-Fakhriyah Nur Cahyadi SH MH, yang dilaksanakan di Gedung BLKK Al-Fakhriyah, Jl Ir Sutami Makassar, Rabu (02-02-2022).

Pelatihan aplikasi keteknikan yang dimaksud diantaranya penggunaan aplikasi AutoCAD, AutoCAD Civil 3D, Sketchup, Surveyor (juru ukur) dan Estimator Biaya Konstruksi.

Akbar Hadi, Ketua Lembaga Cakra Design Engineering, mengatakan pelatihan tersebut dilakukan guna meningkatkan kompetensi warga yang berprofesi atau bekerja di dunia konstruksi. Pelatihan tersebut akan mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan.

“Ke depan dunia konstruksi membutuhkan tenaga-tenaga kerja yang memiliki skill yang baik, karena itu melalui program ini kami mencoba untuk berkontribusi dalam rangka peningkatan kompetensi warga agar nantinya dapat terserap di dunia kerja khususnya bidang konstruksi,” ujar Ahad, sapaan akrabnya.

baca juga : Milad 20 Mapala Cakrabuana UMI Diapresiasi Walikota, Bupati Hingga Pangdam XIV

Menurut Ahad yang juga Pengurus Persatuan Alumni Teknik Sipil (PATSI) UMI ini, dua tahun terakhir ini lembaganya memang fokus untuk pengembangan skill keteknikan. Namun di tahun ini, ia coba menggandeng BLK agar peserta juga dapat diberikan tambahan pengetahuan dan attitude di dunia kerja.

“Instruktur atau pelatih kami memiliki keahlian di bidangnya dan juga punya pengalaman dalam proyek konstruksi. Sehingga nantinya peserta akan diberikan langsung bagaimana bekerja di proyek konstruksi,” ucap Ahad.

Instruktur BLKK Al-Fakhriyah Makassar, Rusdi, menyambut baik kerjasama tersebut. Ia mengatakan pihaknya akan mendukung penuh program pelatihan tersebut dalam rangka peningkatan kompetensi masyarakat.

“BLKK yang kami pimpin ini memang fokus untuk peningkatan keahlian berbasis komputer. Sehingga sejalan dengan apa yang diprogramkan oleh lembaga Cakra Design Engineering,” kata Rusdi yang juga Wakil Ketua Forum Koordinasi Wilayah BLKK Binaan UPTP BLK Makassar.

BLKK Ponpesnya Multidimensi ini resmi beroperasi pada 2021 dan merupakan binaan langsung BLK Makassar Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia.

BLKK Pondok Pesantren Multidimensi Al-Fakhriyah mendapat tugas melaksanakan pelatihan, pemberdayaan dan uji kompetensi bagi pesertanya dengan berfokus pada keunggulan berbasis komputer atau Teknik Informatika. (*)