oleh

Calon Jamaah Haji Sulawesi Selatan Mulai Diberangkatkan Menuju Mekah

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Calon jamaah haji Sulawesi Selatan mulai diberangkatkan menuju Mekah, Arab Saudi. Hal ini ditandai dengan pemberangkatan kloter pertama emberkasi Makassar pada Rabu (24/05) waktu dini.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Khaeroni mengatakan, sebelum kloter pertama diberangkatkan terlebih dahulu dilakukan pelepasan.

“Kuota Jemaah haji Sulawesi Selatan sebesar 7.272 yang terdiri dari jamaah, haji lunas tahun waiting list sebanyak 6.826 orang, prioritas lansia 364 orang, PHD 57 orang dan pembimbing KBIHU 25 orang,” tutur Khaeroni ditemui usai pelepasan jamaah haji di Asrama Haji, Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar semalam.

Melanjutkan, untuk kloter pertama dari Sulawesi Selatan berasal dari daerah Kota Makassar. Yang jumlah sebanyak 388 orang jamaah dan 5 orang petugas kloter.

Khaeroni mengatakan, di tahun ini terjadi perubahan SOP yaitu proses penerimaan jamaah haji sudah dilakukan dalam satu atap.

“Berdasarkan Kepdirjen PHU nomor 185 Tahun 2023 tentang Petunjuk Pelayanan Satu Atap Jemaah Haji di Asrama Haji Embarkasi dan Asrama Haji Antara Pada Masa Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji di Dalam Negeri,” ungkap Khaeroni.

Baca Juga : Kloter I Embarkasi Makassar Tiba Di Asrama Haji, PPIH Terapkan One Stop Service

Khaeroni menjelaskan, Embarkasi Makassar (UPG) melayani pemberangkatan jamaah haji dari 8 provinsi. Diantaranya Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku,
Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Gorontalo sebagai embarkasi antara.

Sementara jumlah jamaah haji yang akan diberangkatkan melalui Emberkasi Makassar sebanyak 15.683 orang dan petugas PPIH Kloter sebanyak 203 orang yang tergabung dalam 41 kloter.

“Untuk kloter pertama terdapat 82 jamaah lansia dengan rincian jamaah laki-laki sebanyak 32 orang dan perempuan sebanyak 50 orang, dengan umur antara 65 sampai 90 tahun,” tutupnya. (*)