oleh

Camat Ujung Tanah Pastikan Bansos Covid-19 Tepat Sasaran

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Tidak lama lagi, bantuan sosial berupa paket sembako buat masyarakat yang terdampak Covid-19 akan didistribusikan. Penyaluran sembako Pemerintah Kota Makassar nanti melalui pemerintah kecamatan.

Untuk wilayah Kecamatan Ujung Tanah sendiri penyaluran sembako nantinya berdasarkan pendataan secara selektif yang dilakukan oleh ketua Rukun Tetangga (RT) bersama detektor Covid-19. Pelibatan RT mendata calon penerima bantuan karena dianggap lebih mengetahui persis kondisi masyarakat.

“Dengan begitu, penyaluran sembako di tengah PPKM Level IV dipastikan tepat sasaran guna membantu masyarakat yang tidak mampu dan terdampak Covid-19. Pemberian bantuan ini tak boleh asal-asalan. Jangan sampai ada orang yang pantas dapat bantuan tetapi tidak diberikan. Yang tidak pantas, justru diberikan,” tegas Camat Ujung Tanah, Andi Unru, Jumat (30/07/21) malam kemarin

Pengetatan pemberian bantuan kepada masyarakat kata Andi Unru, sebagai langkah menghindari tidak sesuainya atau tidak tepatnya sasarannya penyaluran sembako ini. terlebih lagi, Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Wakil Walikota Makassar Fatmawati Rusdi tidak ingin bila muncul beragam komentar minor di tengah masyarakat.

baca juga : Instruksi Kapolri ke Jajaran: Pendampingan Anggaran Covid-19 dan Pastikan Bansos Tepat Sasaran

Adapun masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan adalah mereka yang sama sekali belum pernah menerima bantuan terutama PKH. Begitupun dengan masyarakat terdampak Covid-19 seperti di PHK sampai tidak punya penghasilan.

Untuk menghindari jangan sampai ada oknum RT main-main mendata warga, maka mereka pun didampingi oleh detektor Covid-19 selain itu Babinsa, Babinkamtibmas dan lurah juga ikut mendata serta memverifikasi.

Dia mengimbau kepada seluruh RT di sembilan kelurahan di Kecamatan Ujung Tanah agar bekerja profesional mendata masyarakat. “Para lurah harus memaksimalkan pengawasannya”, pungkas Camat Ujung Tanah ini. (Dhany)