oleh

Dalam Rangka Pengamanan Idul Fitri, Kapolres Sidrap Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Kepolisian Terpusat Ketupat

SIDRAP, koranmakassarnews.com — Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah, S.I.K.M.H pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Kepolisian Terpusat Ketupat Dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 Hijriah yang dilaksanakan di Lapangan Apel Presisi Polres Sidrap, Jalan Bau Massepe No.01, Kel. Pangkajene, Kec. Maritengngae.

Apel Gelar Pasukan dihadiri oleh Pj. Bupati Sidrap Dr. Ns. H. Basrah, S.Kep.,M.Kes, Kasdim 1420 Sidrap Mayor Arm Arie Widarto, SIP, Kadishub H. Andi Bahari Parawansa, S.IP, Satpol PP dan Damkar Usman Demma, Kepala BPBD Sidrap H. Sudarmin, SE, Waka Polres Sidrap KOMPOL Ahmad Rosma, Pejabat Utama Polres Sidrap dan Kapolsek Jajaran.

Kapolres Sidrap menyampaikan bahwa, Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 dan sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445H.

Berdasarkan survei Indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5% atau meningkat 15,7% dibanding tahun 2022.

“Hal ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras kita bersama yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun ini”, Ujarnya.

Lanjutnya, TNI-Polri bersama stakeholder terkait akan melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi Ketupat 2024 yang melibatkan 155.165 personel selama 13 hari dari tanggal 4 sampai 16 April 2024.

“Dalam operasi ini, telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian”, Tutur Kapolres yang membacakan amanatnya Kapolri.

Disamping kamseltibcar lantas dan gangguan kamtibmas, stabilitas harga dan ketersediaan bapokting serta BBM harus tetap terjaga. Tingkatkan koordinasi dan lakukan langkah-langkah bersama dengan stakeholder terkait, sehingga stok dan harga dapat tetap terjaga.

“Seluruh upaya dan perkembangan di lapangan harus diimbangi dengan strategi komunikasi publik yang baik. Pastikan masyarakat dapat mengetahui informasi yang dibutuhkan melalui berbagai saluran komunikasi, sehingga dapat merencanakan perjalanannya dengan nyaman”, Ucapnya.

baca juga : Kapolres Sidrap Bersama Pj. Bupati dan Kasdim 1420 Rilis Hasil Operasi KRYD

Berbagai upaya tersebut diharapkan dapat berjalan optimal, sehingga masyarakat dapat merasakan mudik aman, ceria, penuh makna. Diharapkan momentum hari raya Idul Fitri ini dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat.

“Sebelum mengakhiri amanat ini, tentunya saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya
kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Mitra Kamtibmas lainnya yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2024”, Jelasnya.

Sinergisitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu.

“Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh umat Islam yang merayakan. Semoga kita mampu mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci”, Terang Kapolres mengakhiri amanat Kapolri. (*)