oleh

Danone-AQUA Bersama KLHK Kampanye Program #Bijakberplastik

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Untuk mengembangkan destinasi wisata yang lebih produktif tanpa sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia bersama dengan Danone-AQUA menyelenggarakan webinar bertajuk “Membangun Destinasti Wisata Super Prioritas yang Berkelanjutan Melalui Pengurangan Sampah Berwawasan Lingkungan”.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Menutut Alue Dohong, mengatakan bahwa pihaknya melihat peningkatan jumlah wisatawan yang meningkat di berbagai kawasan destinasi wisata selama ini juga meningkatlan jumlah sampah yang dihasilkan. Namun, kesadaran masyarakat akan pentingnya pegelolaan sampah masih kurang.

” Kita bisa lihat data Biro Pusat Statistik (BPS) di tahun 2018, tingkat kepedulian masyarakat terkait pengelolaan sampah hanya mencapai 28%. Padahal ini hendaknya menjadi perhatian seluruh pemangku kepentingan,” ucapnya.

Selanjutnya ia menyampaikan jika masih rendahnya program dan infrastruktur pengelolaan sampah di kawasan wisata yang memiliki potensi berimplikasi terhadap meningkatnya emisi karbon di lingkungan yang berkontribusi terhadap isu pemanasan global.

“Untuk itu,sejalan dengan tema Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2022 yaitu Kelola Sampah, Turunkan Emisi, Bangun Proklim, Kawasan Wisata hendaknya menjadi salah satu ekosistem yang perlu diperhatikan upaya berkelanjutan dalam pengelolaan sampahnya,” pungkasnya.

baca juga : Baksos, Kejari Enrekang Harap Bumi Maspul Bebas Sampah Plastik

Kata Alue mulai dari penanganan dan pengelolaan sampah untuk turunkan emisi GRK harus melibatkan seluruh komponen masyarakat yang meliputi Pemerintah baik pusat dan daerah, akademisi, aktivis, komunitas, dunia usaha, asosiasi profesional dan bahkan individual.

“Industri daur ulang juga dapat berperan besar dalam proses pengurangan sampah sehingga sampah di Kawasan Wisata dapat dikumpulkan lalu didaur ulang menjadi produk yang lebih bermanfaat. Bank Sampah dan pengepul sampah adalah ujung tombak dalam pengumpulan sampah, selain sebagai sarana pengumpulan sampah juga sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampahnya”, lanjut Alue Dohong.

Maka dari itu, Vera Galuh Sugianto, VP General Secretary Danone Indonesia menjabarkan bahwa lewat kerangka program #BijakBerplastik yang telah dilakukan Danone-AQUA sejak 2018, pihaknya terus melakukan berbagai usaha konkrit dalam pengelolaan sampah plastik, sesuai dengan tiga pilar utama #BijakBerplastik yaitu Pengumpulan, Edukasi, dan Inovasi.