oleh

Denny JA: Negara yang Membahagiakan Warga, Apa Syaratnya?

koranmakassarnews.com — Kemajuan sebuah negara oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB, UNO), kini tak lagi hanya dinilai dari kemajuan ekonomi. Tapi kini sebuah negara dikatakan lebih maju jika ia lebih mampu membuat warganya bahagia (World Happiness Index).

Kita mulai dari berita. Tahun ini, 2023, Finlandia kembali terpilih keenam kalinya berturut-turut sebagai negara yang paling membahagiakan warga negara.

Ini datanya. Nilai buat Finlandia 7,82. Itu adalah angka tertinggi untuk seluruh dunia, berdasarkan penilaian dari warganya sendiri.

Pertanyaanya : bagaimana dan apa yang terjadi di Finlandia? Mengapa Finlandia dianggap oleh warganya paling mampu untuk membuat mereka bahagia.

Hadir lima prasyarat. Penyebab pertama adalah tingginya kemajuan ekonomi Finlandia.

Di negara itu, sekarang ini, GDP perkapitanya setinggi 54. 352 USD. Rata rata penghasilan warga negara sekitar 60 juta rupiah sebulan.

Jumlah ini kira-kira 13 kali lipat dibandingkan penghasilan orang Indonesia (GDP Perkapita sekitar 4.073 USD, di 2023).

baca juga : Denny JA: Hidup Sehat Hingga Usia 100 Tahun, Bagaimana Caranya ?

Dengan dana sebesar ini, Finlandia memiliki kemampuan ekonomi yang kuat sekali untuk membuat program kesejahteraan bagi rakyatnya.

Kedua, yang menjadi penyebab adalah kebijakan pemerintahnya. Finlandia memberikan program kesejahteraan rakyat yang masif sekali.

Rakyat di sana bebas uang sekolah, bebas pula dari biaya kesehatan. Bahkan juga pemerintah memanjakan orang tua yang memiliki anak-anak yang baru lahir dengan memberikan cuti yang sangat panjang. Waktu bersama keluarga didahulukan.

Penyebab ketiga proteksi lingkungan hidup. Udara dan air di sana itu bersih sekali. Lalu secara sengaja pemerintah merawat itu. Banyak hutan yang berada di Finlandia. Umumnya penduduk memiliki rumah kedua di hutan.

Sungai dan danau sangat terawat, sehingga penduduk dekat, bersatu dan sangat menikmati keindahan alam.

Penyebab keempat: sisu. Istilah ini bahasa asli penduduk Finlandia yang sulit diterjemahkan. Sisu sejenis sikap hidup atau mindset orang Finlandia yang selalu mencari hikmah.

Ini perilaku yang selalu mencoba melihat hal-hal positif bahkan untuk kesulitan hidup. Juga sikap hidup yang tegar dan tahan banting.

baca juga : Denny JA: Generasi Milenial Segera Menjadi Mayoritas di Indonesia, Apa Konsekwensinya ?

Sisu menjadi lebih berbunyi karena tingginya tingkat keakraban warga negara. Trust, saling percaya, tolong menolong di sana antar warga sangat terjaga. Apalagi angka kriminalitasnya rendah. Dan kebebasan memilih gaya hidup pribadi dihormati.

Kelima yang tak kalah penting: pemerintahan di sana sangatlah bersih dari korupsi. Dalam ranking menggunakan index (CPI, 2022), Finlandia termasuk tiga negara yang paling bebas dari korupsi.

Kombinasi lima hal ini membuat Finlandia menjadi negara yang paling membahagiakan warganya. Kini di tahun 2023, Finlandia terpilih enam kali berturut- turut di rangking teratas.

Indonesia harus juga ke sana, berkembang menjadi negara yang semakin membahagiakan warganya.

Bagaimana caranya? Kita bisa mulai setidaknya dengan membersihkan pemerintahan dari korupsi. Sehingga lebih banyak dana yang tersedia untuk program kesejahteraan masyarakat.***