oleh

Didaulat Baca Doa di Hari Pahlawan, Kaswad Sartono Sebut Momentum Gali Inspirasi para Pejuang

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 merupakan momentum untuk kembali menggali inspirasi dari para pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan H. Kaswad Sartono Kepala Bidang Penais Zakat Wakaf mewakili Kakanwil Kementerian Agama Prov. Sulsel saat peringati Hari Pahlawan 10 November 2021 dengan melaksanakan upacara, tabur bunga untuk para pahlawan di TMP Panaikang, Makassar. (Rabu 10 Oktober 2021).

Dalam Peringkatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Prov Sulsel Abdul Hayat Gani dan Ketua DPRD Prov Sulsel Andi ina Kartika Sari sebagai Irup serta hadir pula Jajaran Forkopimda Sulsel termasuk Pangdam, Kapolda, Kejati Sulsel serta Para Pejabat Pemprov Sulsel.

“Upacara Ziarah Makam Pahlawan Nasional Tingkat Sulsel di Hari 10 November 2021 juga diisi dengan acara Tabur Bunga ini semoga menginspirasi kita semua untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan kusuma bangsa,” Ucap Kaswad.

Kaswad Sartono yang mewakili Kakanwil Kemenag Sulsel juga menyampaikan, upacara yang dilaksanakan pada Hari Pahlawan 10 November 2021 merupakan ekspresi tulus yang dicerminkan oleh segenap bangsa Indonesia.

“Ini bentuk penghargaan, apresiasi, dan ekspresi tulus dari kita semua. Tadi kita bersama TNI, Polri dan Jajaran Porkopimda lintas kementerian dan lembaga negara serta dihadiri oleh perwira tinggi,” pungkas Kabid Penais Zakat Wakaf Kanwil yang juga saat ini menjabat sebagai Plt. Kakankemenag Gowa.

Dalam upacara yang berlangsung singkat tersebut H. Kaswad Sartono juga didaulat membacakan doa. Berikut ini doa lengkap yang dibaca Kabid Penais Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Sulsel ini :

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Agung, Puji syukur kami persembahkan ke hadirat-Mu, karena dengan izin-Mu jua pada saat ini kami dapat melaksanakan Upacara Tabur Bunga di perairan Teluk Jakarta untuk mengenang para pahlawan dan syuhada bangsa. Pada detik-detik yang penuh khidmat ini kami berdoa dan bermunajat kiranya memperoleh curahan rahmat dan rida-Mu dan semoga para pahlawan kusuma bangsa senantiasa Engkau taburi limpahan rahmat dan berkah-Mu serta ganjaran pahala yang berlipat ganda.

baca juga : Sekjen Kemenag RI Lantik Virtual 8 Analis Hukum Kemenag Sulsel

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih, limpahkanlah taufik dan hidayah-Mu, agar kami dapat menjadi pewaris nilai dan semangat perjuangan para pahlawan dan syuhada untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan guna terwujudnya kesejahteraan lahiriah dan ketentraman batiniah bagi seluruh warga bangsa. Sertailah semua ikhtiar kami dalam mempersembahkan pengabdian terbaik untuk bangsa dan negara kami.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang, jadikanlah bangsa kami bangsa yang pandai bersyukur agar bertambah pula nikmat-Mu kepada kami, dan jauhkanlah bangsa kami dari sifat kufur agar kami terhindar dari azab dan siksaan-Mu. Ya Allah, jadikanlah Upacara Tabur Bunga ini sebagai momentum membangkitkan semangat pahlawan di dada kami untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa kami.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun, ampunilah dosa kami, dosa orang tua dan guru-guru kami, para pemimpin dan pahlawan kusuma bangsa kami. Hindarkan kami dari segala bencana, musibah, dan mara bahaya yang mengancam keutuhan bangsa kami. Hantarkanlah bangsa kami, dengan rahmat karunia-Mu, menuju keadaan yang Engkau cintai dan Engkau ridai. (Wrd).