oleh

Diduga Tidak Transparan, Papan Dana BOS di SDI Baraya 1 Belum Berubah Sejak 10 Bulan Lalu

MAKASSAR, koranmakassarnews.com – Di era keterbukaan Informasi Publik UU No.14 Tahun 2008 saat ini ternyata masih ada segelintir oknum yang masih mengabaikan keterbukaan informasi publik dalam penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Dabos).

Seperti saat media menyambangi SD Inpres Baraya 1 Kecamatan Tallo yang dinakhodai Iliyanti Nur Gas, S.Pd,. M.Pd. Sekolah ini sangat luar biasa, baik dari segi pemandangan bahkan sekolah tersebut tunggal dan masuk kategori unggulan di wilayah Tallo.

Namun dibalik itu semua, papan transparansi penggunaan anggaran dana BOS sejak 10 bulan lalu belum diganti, kemungkinan menurut informasi yang media dapatkan, sabtu (21/10/23) menyebutkan kalau ada kegiatan sekolah yang besar didanai salah satunya pemasangan Kanopi.

Sambil memegang cat saat ditanya keberadaan kepala sekolah jawaban yang diterima media kalau Illiyanti Nur tidak masuk kantor, “Iye saya tidak tahu karena tidak masukki,” ucap Satpam sekolah.

baca juga : Peduli Sesama, Maulid Nabi di SDI Unggulan BTN Pemda Makassar Kumpulkan Sumbangan Sukarela

Perihal papan transparansi dana BOS kata Kadis Pendidikan Kota Makassar, H. Muhyiddin, S.E,.MM beberapa pekan lalu kalau soal papan transparansi itu disetiap sekolah wajib diisi.

“Soal papan transparansi itu sebagai bentuk keterbukaan sekolah dan sudah himbauan kami dari dulu agar sekolah untuk terbuka dalam melakukan pengeluaran anggaran dana BOS,” ucap Muhyiddin melalui selulernya beberapa waktu lalu.

Hingga berita ini tayang, perihal papan transparansi dana BOS SD Inpres Baraya 1 yang nyaris setahun tidak diganti, media belum berhasil menerima konfirmasi dan meminta keterangan Plh Iliyanti Nur Gas, S.Pd,. M.Pd.(**)