oleh

Diminta Melanjutkan Kepemimpinan AGH KH Sanusi Baco, Kiai Naja Ungkapkan Ini

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Pengurus Harian Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama melaksanakan rapat pengurus harian Syuriyah yang terdiri dari Wakil Rais, Khatib dan Wakil Khatib di Rumah Makan Ulu Juku Makassar, Selasa (25/5/21).

Hadir dalam pertemuan yang terdiri para ulama yang memberikan pandangan terkait pengisian posisi Rais Syuriyah yang ditinggalkan AGH. Muh. Sanusi Baco. Lc. Dalam pandangan tertulis KH. Kaswad Sartono selalu Wakil Rais Syuriyah bahwa kondisi yang kita alami ketika Rais Syuriah berhalangan tetap, sebaiknya diqiyaskan pada saat pemilihan Rais Aam PBNU, yaitu Wakil Rais Aam yang ada dibawahnya, maka untuk itulah Al-Mukarram Prof. KH. Najamuddin sudah pas untuk menempati Rais Syuriah.

Wakil Rais Syuriah Dr Andi Aderus memberikan masukan terkait Rais Syuriah nantinya adalah pemersatu, sehingga Rais Syuriah sebaiknya tidak merangkap jabatan, mungkin sebaiknya beliau independen dan secara ke aliman ilmu sangat mendukung, ujar akademisi UIN Alauddin ini.

Disisi lain Prof. Kadir Ahmad, Rais Syuriah adalah koordinator, makanya selepas Anregurutta KH. Muh. Sanusi Baco. Lc perlu dilakukan transformasi Syuriyah.

“Bahwa kepakaran dan keilmuan ulama itu berbagai macam, untuk itu Syuriah ke depan membagi rata peran keulamaan”, harap peneliti utama Litbang Kemenag Makassar.

Senada Wakil Rais Syuriah KH Andi Abdul Hamzah mengungkapkan, “Gerakan dakwah Ulama NU yang tergabung di Syuriyah perlu di giatkan kembali, dan perlu kembali diintensifkan kajian Bahtsul Masail untuk menjawab permasalahan umat dewasa ini.