oleh

Dinas PU Kota Makassar Akan Luncurkan Aplikasi Go-Sedot

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — IUWASH Plus SSEI  Sulsel menggelar talk show yang mengangkat tema “Melangkah Bersama Menuju Kemandirian Bersama Air Minum, Sanitasi dan Perilaku Higiene yang Berkelanjutan” yang dihelat di Makassar, selasa (6/4/21).

Kegiatan tersebut juga mempresentasikan hasil pendampingan program IUWASH PLUS selama 5 tahun kepada pemerintah kabupaten/kota, masyarakat, lembaga donor dan NGO di 4 lokasi pendampingan di provinsi Sulsel.

Hadir dalam talkshow tersebut Kepala UPTD PAL Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Kerlinus Bumbungan didaulat menjadi narasumber di Talk Show tersebut, Kerlinus berbicara aplikasi Go-Sedot.

Dalam pemaparannya bahwa UPTD PAL telah kerjasama dengan 7 perusahaan penyedotan tinja swasta. Dimana, pendaftaran penyedotan tinja sudah bisa melalui aplikasi Go-Sedot Makassar yang bisa didownload melalui play store yang sebentar lagi akan launching ke seluruh masyarakat Kota Makassar.

“Bagaimana promosi dan layanan pelanggan dengan adanya hastag Tetangga Panutan? Pengelolaan yang dilakukan pada IPAL Komunal misalnya pembinaan kelembagaan kepada pengelola IPAL Komunal, sosialisasi kepada para pemanfaat IPAL Komunal tersebut serta monitoring setiap bulan mengenai kondisi IPAL Komunal di seluruh lokasi yang ada di Kota Makassar,” jelasnya.

baca juga : Dinas PU Makassar Turunkan Tiga Tim Guna Antisipasi Banjir dan Pohon Tumbang

Kerlinus menambahkan, sarana prasarana air limbah menjadi tanggung jawab bersama, pemerintah, pihak swasta dan masyarakat.

“Peningkatan akses air minum dan sanitasi air limbah bukan menjadi tanggung jawab pemerintah saja akan tetapi menjadi semua pihak seperti pihak swasta, dan masyarakat pun turut berperan aktif,” pungkasnya. (*)