oleh

Dinilai Layak Jadi Ketua DPRD Bantaeng, HM Yusuf Dipastikan Terpilih Kembali Untuk Ketiga Kalinya

BANTAENG, KORANMAKASAR.COM — Anggota DPRD Kabupaten Bantaeng yang hampir dipastikan terpilih kembali untuk ketiga kalinya pada pemilu legislatif 2024 dengan meraih suara yang cukup untuk mengantarkan kembali menjadi anggota DPRD Bantaeng dari Partai Nasdem.

Sehingga H. Muhammad Yusuf dinilai layak menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bantaeng periode 2024-2029. Menurut pengamat politik Jabal Arafah mengatakan di warkop Racer di jalan Durian Bantaeng, Kamis, (29/2/2024) mengatakan, jabatan ketua DPRD tergantung pada mekanisme internal partai pemenang pemilu di daerah tersebut.

“Pada pemilu legislatif di Kabaupaten Bantaeng partai pemenangnya adalah NasDem, sehingga menjadi kewenangan senenuhnya bagi NasDem untuk mengusulkan calon ketua DPRD Kabuptarn Bantaeng tersebut,” katanya.

Jabal menjelaskan, partai politik pemenang pemilu biasanya memiliki semacam aturan tertulis, yakni siapa yang akan menduduki jabatan ketua DPRD, haruslah melihat dan menilai dari berbagai aspek di antaranya ketokohan, kekaderan serta pengalaman.

“Kalau H. Muh.Yusuf sukses duduk kembali di DPRD dari Nasdem di daerah pemilihannya, saya kira itu faktor yang tidak boleh diabaikan,” kata Jabal.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara yang dilakukan KPU Bantaeng, H. Muhammad Yusuf, anggota DPRD dua peridoe ini meraih suara yang cukup untuk menjadikan dirinya kembali terpilih menjadi anggota DPRD diantara caleg Nasdem di dapilnya.

Perolehan suara ini sekaligus menempatkan, H.Muh.Yusuf, sebagai caleg dengan perolehan suara cukup di Internal Nasdem dapil II ini.

“Jadi, kerja keras H.Muh.Yusuf, menjadi mesin elektoral buat partai di daerahnya, sehingga layak dihargai,” kata dia.

Jabal menambahkan, jabatan ketua DPRD yang diduduki oleh anggota DPRD dan kader tulen juga bagus dari sisi legitimasi politik.

baca juga : Hampir Dipastikan Bapak dan Anak Asal Maros Ini Lolos Menjadi Anggota DPRD

“Terpilih kembali berarti masih meraih mandat dari rakyat. Jadi peraih mandat ke tiga kalinya dari rakyat sangat layak menduduki pucuk pimpinan lembaga perwakilan rakyat,” ujarnya.

Ia juga menilai, sosok H. Muh. Yusuf layak sebagai Ketua DPRD Bantaeng juga pas untuk representasi NASDEM sebagai partai yang merakyat H. Yusuf dikenal sebagai Ketua Partai Nasdem Pertama di Bantaeng ,sebagai Ketua partai pertama dirinya mampu memperoleh tiga kursi sekaligus menjadi menjadikan dirinya anggota DPRD periode pertamanya pada priode 2014-2019.

Pada pemilu berikutnya kembali terpilih pada tahun 2019-2024 di Bantaeng dengan meraih suara terbanyak di NasDem dan pada pemilu tahun 2024 ini kembali lagi mendulang suara terbanyak  di internal Nasdem dapil II yang meliputi kecamatan Bissappu, Sinoa dan kecamatan Uluere.

“Hal ini akan semakin memperkuat NASDEM di akar rumput, soal jabatan ketua DPRD, semua itu tergantung pada mekanisme internal partai masing-masing,” kata Jabal. (dirga)