oleh

Ditjen Imigrasi Klarifikasi Terkait Video Viral TKA Asal Cina Berdatangan ke Indonesia Dimasa PPKM Darurat

JAKARTA, koranmakassarnews.com — Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham memberikan penjelasan terkait viralnya video TKA asing berdatangan ke Wilayah Indonesia pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali,

Menurut Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara bahwa video tersebut merupakan video lama yaitu pada Juni 2020 dan bukan video kondisi saat ini.

Sementara orang asing dalam video tersebut merupakan orang asing yang akan meninggalkan Indonesia dengan rute Manado-Jakarta-Nanning (RRT).

Foto : TKA asal China tiba di Makassar, sabtu malam (3/7/21)

Terkait pemberitaan masuknya 20 orang TKA di Sulawesi Selatan, Arya mengakui benar bahwa mereka adalah TKA yang akan bekerja di Proyek Strategis Nasional yang ada di Kabupaten Bantaeng.

“Seluruh TKA telah melalui pemeriksaan Kesehatan oleh Kemenkes dan memenuhi persyaratan keimigrasian. Saat ini Pemerintah masih memberlakukan pelarangan orang asing masuk ke Wilayah Indonesia untuk mencegah lonjakan persebaran covid-19”, jelas Arya dalam keterang tertulisnya, minggu (4/7/21).

Aturan pelarangan ini mengacu kepada Peraturan Menkumham Nomor 26 Tahun 2020 tentang visa dan izin tinggal pada masa adaptasi kebiasaan baru.

“Aturan ini mengecualikan masuknya orang asing untuk tujuan esensial seperti bekerja di Proyek strategis nasional, penyatuan keluarga, dan alasan kemanusiaan. Selain memenuhi persyaratan keimigrasian, orang asing yang masuk Indonesia harus lolos pemeriksaan kesehatan oleh Tim Kemenkes sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri”, tutup Arya.

baca juga : Kemenkumham Sulsel Adakan Rakor Pengawasan Orang Asing

Puluhan TKA asal China sebelumnya dikabarkan masuk ke Indonesia di tengah masa PPKM Darurat melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Iwan Risdianto mengatakan TKA tersebut merupakan karyawan perusahaan smelter di Bantaeng. Mereka masuk ke Makassar pada Sabtu, 3 Juli 2021 pukul 20.10 Wita malam tadi.

“Mereka karyawan yang sudah berkontrak di perusahaan smelter di Bantaeng. Masuk lewat Bandara Hasanuddin kemarin,” ujar Iwan, Minggu, 4 Juli 2021.

Iwan mengklaim semua TKA asal China tersebut mengantongi dokumen resmi. Termasuk soal dokumen bebas Covid-19. (*)